KPU Bogor Bahas Soal Aturan PAW

by -

METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ka­bupaten Bogor menggelar sosialisasi Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR di Hotel Bigland Sentul, Babakan­madang, Kabupaten Bogor, Selasa (21/6). Sosialisasi ini juga membahas cara pendaf­taran peserta Pemilu 2024.

Salah seorang pemateri so­sialisasi ini diisi Kepala Bagian Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, Imam Yunizhar. “Kalau diganti ka­rena meninggal dunia mah sudah pasti ya, tapi kalau di­berhentikan ini yang seperti apa? Ini yang kita bahas,” ujar­nya. Menurutnya, salah satu di antara beberapa alasan pem­berhentian karena orang yang di-PAW tidak dapat menjalan­kan tugas secara berkelanjutan tiga bulan berturut-turut.

Dalam kesempatan itu, Ko­misioner Divisi Teknis Penyel­enggaraan Pemilu KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq, men­gatakan, sosialisasi ini juga penting untuk menyampaikan perkembangan terbaru soal tahapan Pemilu 2024 yang su­dah dimulai sejak 14 Juni 2022.

Baca Juga  Siapkan Mobil Branding dan Pakai Baju Adat

“Pada 24 Juni 2022, pengurus partai politik di tingkat pusat akan diberi akses ke Sipol (Sis­tem Informasi Partai Politik), sebaiknya pengurus tingkat kabupaten kota mengirim mi­nimal 1.000 KTA paling sedikit atau 1.500 KTA ke pusat mela­lui pengurus provinsi,” kata Endun.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Bogor, Ummi Wahyuni, menyampaikan terima kasih­nya atas terselenggaranya so­sialisasi ini. Dengan pelong­garan sejumlah kebijakan seiring kasus Covid-19 yang terus melandai, pihaknya juga bakal terus menggelar berbagai kegiatan yang menyangkut kepemiluan.

“Alhamdulillah, setelah dua tahun kita tidak bisa mengge­lar acara di hotel, karena pan­demi Covid-19, sekarang sudah bisa lagi dengan tetap mene­rapkan protokol kesehatan seperti memakai masker,” tan­das Ummi. (fin/py)

Baca Juga  Dukcapil Minta Pembatasan Waktu Penerbitan Suket

Leave a Reply

Your email address will not be published.