Lapor, Bupati! Desa Cisarua Nihil Jaringan Internet

by -

METROPOLITAN – Ham­pir satu desa di wilayah Desa Cisarua, Kecamatan Sukajaya, gagap tekno­logi alias gaptek. Hal itu menjadi hambatan untuk berkomunikasi dengan warga di luar wilayah ter­sebut.

Kondisi tersebut diakui Sekretaris Desa Cisarua, Nana. Tidak adanya ja­ringan internet masalah­nya terletak pada lemah­nya jaringan komunikasi atau blank spot.

”Kondisi ini sangat dira­sakan warga yang saat kemarin belajar daring. Bahkan, bila ada keper­luan internet, harus kelu­ar wilayah seperti ke pojok Desa Pasirmadang,” ujar­nya.

Ia menjelaskan ada se­kitar lima kampung yang terindikasi masih tidak adanya sinyal. Apalagi saat terjadi bencana alam ban­jir dan longsor pada dua tahun lalu, warga kesulitan mengakses internet akibat tidak ada jaringan.

Baca Juga  Indra Blusukan ke Dramaga Sosialisasikan KB

”Tidak ada sinyal internet di antaranya Kampung Lebaksanab, Leuwijamang, Cisalak, dan Sarong Baru, dan masih ada kampung lain. Intinya, hampir satu desa. Tapi untuk di kantor desa, kita ada dari Disko­minfo, gratis alhamdulil­lah,” ungkapnya.

Karena itu, Nana berha­rap Pemerintah Kabupaten Bogor memerhatikan ke­beradaan jaringan sinyal di wilayahnya.

”Internet seharusnya bisa sampai ke wilayah desa kami karena sangat dibutuhkan saat komuni­kasi pada keluarga yang di luar kota, khususnya untuk pelajar yang sangat terham­bat untuk belajar daring,” pungkasnya. (ads/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.