Masih Musyawarah, Keluarga Ridwan Kamil Belum Tentukan Tempat Pemakaman Eril

by -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama sang anak, Emmeril Khan Mumtadz. (Ist)

METROPOLITAN.id – Putera sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) yang hilang terseret arus Sungai Aare, Swiss, berhasil ditemukan oleh polisi setempat, Rabu (8/6).

Ridwan Kamil pun sudah terbang ke Swiss dan mengajukan cuti 10 hari untuk mengurus kepulangan jasad Eril ke tanah air.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil pun sudah mengumumkan penemuan Eril dalam unggahan pada akun instagramnya @ridwankamil. Serta memperkirakan kepulangan Eril pada Minggu (12/6) dan akan dimakamkan Senin (13/6) nanti.

Pihak keluarga sendiri masih bermusyawarah terkait tempat pemakaman lelaki yang ditemukan di Bendungan Engehalde itu.

Terkait lokasi pemakaman, Wahyu mengatakan saat ini pihak keluarga masih musyawarah.

“(Terkait) lokasi pemakaman, pihak keluarga masih musyawarah. (Kita) akan berkoordinasi dengan keluarga dan insya Allah akan disampaikan,” kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya, Kamis (9/6) malam.

Baca Juga  Ini Isi Tanggapan Jaksa KPK atas Eksepsi Kuasa Hukum Ade Yasin

“Karena informasi baru sekarang apakah nanti rumah duka di sini atau di mana, kami koordinasi dan dipastikan,” imbuhnya.

Ia juga memperkirakan jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini. Untuk rencana penjemputan, pihaknya akan berkoordinasi dengan KBRI dan Kemenenterian Luar Negeri.

“Mudah-mudahan hari Sabtu dan Minggu almarhum sudah bisa tiba di Jakarta,” tandas Wahyu.

Hingga saat ini, kata dia, pihak keluarga terus berkomunikasi dengan KBRI untuk rencana pemulangan jenazah Eril lebih detail.

“Kita akan lakukan penjemputan secara detail kami informasikan dan terus berkomunikasi, baik dari bandara dan luar negeri,” tukasnya.

Sebelumnya, Duta Besar RI (Dubes RI) untuk Swiss Muliaman Hadad didampingi adik kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, mengatakan bahwa polisi Swiss menemukan jasad yang diduga Eril di bendungan Engehalde di Bern, pada Rabu (8/6/2022) pagi sekitar pukul 06:50 waktu setempat.

Baca Juga  Komisi X DPR Dukung Peningkatan Anggaran Perpusnas, Ini Alasannya!

Sesuai prosedur yang berlaku, kata dia, tim forensik kepolisian langsung melakukan identifikasi dan penelusuran DNA, untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah benar ananda Eril.

“Hari Kamis (9/6) pihak kepolisian mengkonfirmasi bahwa jasad yang ditemukan adalah ananda Eril,” katanya dalam konferensi pers, Kamis (9/6) malam WIB.

Ridwan Kamil bersama keluarga pun langsung terbang ke Swiss untuk mengurus kepulangan Eril. Kang Emil, sapaan karibnya juga sudah mengajukan cuti selama 10 hari kedepan dari tugasnya sebagai gubernur.

Eril pun dipastikan akan dipulangkan ke tanah air untuk dimakamkan pada Senin (13/6/2022) mendatang. Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil dalam unggahan media sosial Instagram @ridwankamil.

Baca Juga  Resmi Dilantik, Pengurus PKS Kota Bogor Didominasi Milenial

“Alhamdulillah ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Khan Mumtadz sudah ditemukan,” tulisnya dalam unggahan tersebut.

“Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin,”

Dalam unggahan tersebut, ia berterimakasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerja keras mencari Eril.

“Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua,” tambah Ridwan Kamil.

Eril diketahui hilang setelah berenang menyusuri Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, dua pekan lalu.

Ridwan Kamil dan keluarga pun sudah mengikhlaskan kepergian dan menyatakan Eril wafat karena tenggelam di Sungai Aare. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.