Pabrik Tahu Formalin di Bogor Dikabarkan Beroperasi Kembali, Ini Kata Satpol PP

by -

METROPOLITAN.id – Beredar kabar soal pabrik tahu berformalin di Parung, Kabupaten Bogor, yang sempat ditutup Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) beroperasi kembali. Satpol PP Kecamatan Parung pun angkat bicara soal kabar tersebut.

Kanit Satpol PP Kecamatan Parung, Endang Darmawan mengatakan, pihaknya belum lama ini telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pabri tahu tersebut.

Tak dipungkiri, sidak tersebut dilakukan setelah beredar kabar pabrik tahu berformalin tersebut beroperasi kembali.

Dari hasil sidak yang dilakukan, Endang mengaku pabrik tahu berformalin tersebut tidak beroperasi. Ia juga tidak ditemukan tanda-tanda bahwa pabrik tersebut beroperasi.

“Rumor yang beredar bahwa pabrik yang menggunaan formalin tersebut beroperasi lagi. Kami berharap masyarakat tetap kondusif, tidak menimbulkan rumo yang menimbulkan keresahan,” ujarnya, Kamis (30/6).

Baca Juga  Pabrik Tahu Rumahan Terancam Gulung Tikar

Menurutnya, Satpol PP Kecamatan Parung bakal menindak tegas jika pabrik tahu berformalin itu beroperasi kembali.

Saat ini, Satpol PP juga terus memantau pabrik tersebut sampai ada ketetapan hukum yang saat ini sedang diproses pihak berwenang. pabrik tersebut juga kini sudah diberi garis polisi.

“Itu yang menutupnya adalah BPOM RI, tapi kalau buka lagi kita secara tegas bakal menindaknya,” tandasnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkap dua pabrik tahu di Bogor yang menggunakan formalin.

Dalam sehari, pabrik tersebut bisa memproduksi hingga dua ton tahun dan disebar ke pasar-pasar yang ada di Bogor, Tangerang, hinga Jakarta.

Dua pabrik tahu berformalin tersebut berada di Desa Waru dan Desa Waru Kaum, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. BPOM mendatangi pabrik tersebut, Jumat (10/6). (mul/b/fin)

Baca Juga  Pewarna Baju Dicampur Ke Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *