PAN Luncurkan Gerakan Birukan Langit Indonesia

by -

METROPOLITAN – Peru­bahan iklim tak hanya men­jadi isu global, tapi juga na­sional. Sebuah survei mem­perlihatkan kecemasan tinggi yang dialami kaum muda tentang perubahan iklim. Ada kekhawatiran besar soal nasib generasi mendatang.

Merespons hal itu, Ketua Pelaksana HUT dan Rakernas PAN Bima Arya bersama kader partai berlogo matahari putih itu meluncurkan gerakan ‘Bi­rukan Langit Indonesia’. Agenda tersebut sebagai rang­kaian HUT ke-24 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN).

“Gerakan ini untuk mewadahi ide, gagasan dan aksi para kawula muda untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya ling­kungan hidup dan bangga menggunakan produk lokal (local pride, red),” ujar Bima Arya di Jakarta, Selasa (28/6).

Baca Juga  Ini Kata Istana Terkait Amien Rais Minta Jokowi Utamakan Masalah Papua

Dengan pendekatan yang beragam dan kekinian, diha­rapkan generasi muda bisa ikut ambil bagian dan terinspirasi dalam gerakan ‘Birukan Lang­it Indonesia’. “Climate change, global warming, pengelolaan sampah ini sangat penting. Kalau tidak dilakukan dari se­karang, maka anak muda ini tidak akan menjadi generasi emas pada 2045,” terangnya.

Bima menyebutkan, mayo­ritas kalangan muda dari ge­nerasi Z (17-26 tahun) dan milenial (27-35 tahun) lebih peduli terhadap isu lingkungan atau pembangunan berkela­njutan daripada pertumbuhan ekonomi. “Generasi Z dan milenial ini peduli banget. Bahkan, dalam survei tersebut kalau ditanya pilih economy growth atau sustainable de­velopment? Anak-anak muda lebih memilih pembangunan yang berkelanjutan. Ini pen­ting, ini yang harus ditangkap oleh politikus supaya mereka mengartikulasikan ini di setiap kebijakan yang diambil,” kata pria yang juga menjabat sebagai wali kota Bogor ini.

Baca Juga  Milenial PAN Bogor Dikukuhkan

Untuk itu, gerakan ‘Birukan Langit Indonesia’ memanggil kawula muda Tanah Air untuk ikut bersama-sama mengam­panyekan isu ini dengan bera­gam kegiatan menarik. Ke­giatan tersebut antara lain, kompetisi video pendek, kompetisi logo dan design merchandise, Birukan Run (5K/10K), kompetisi stand up comedy, pameran produk lokal hingga konser musik yang hasil penjualan tiketnya akan didonasikan untuk pro­gram pengelolaan sampah dan konservasi lingkungan.

Kompetisi terbuka untuk umum ini mulai dibuka Selasa (28/6). Untuk informasi lengkap mengenai syarat dan keten­tuan kompetisi bisa diakses di website resminya. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.