Pemkab Bogor Siapkan Paket Wisata Untuk Peserta Hut Apkasi

by -
WISATA: Pengunjung saat menikmati suasana alam di Pabangbon, Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah mempersiapkan diri untuk menggelar HUT ke-22 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang dihelat pada 18-19 Juni 2022. Berbagai persiapan pun telah dilakukan panitia internal Pemkab Bogor.

TERLEBIH dalam HUT APKASI ini ada sejumlah rangkaian kegiatan yang bakal diikuti bupati seluruh Indonesia. Di antaranya, Rakernas XIV APKASI, Charity Golf Tournament, pertandingan persahabatan sepak bola antara Pemkab Bogor dan APKASI, pemilihan Putri Otonomi Indonesia (POI) serta beberapa kegiatan lainnya.

“Kita memang telah jauh-jauh hari menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah HUT APKASI. Saat ini berbagai persiapan telah kita lakukan agar acara tersebut berjalan lancar,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Mely Kamelia.

Bahkan, Pemkab Bogor telah membentuk panitia pendamping yang dipimpin sekretaris daerah. Panitia itu terdiri dari asisten pemerintahan, kepala Disbudpar, kepala Diskominfo, kabag di Lingkup Setda, unsur Dinas Perhubungan, Satuan Polisi PP, DPKPP, DiskopUKM dan Dispora. Para panitia lokal ini juga akan berkolaborasi dengan stakeholder terkait, seperti Forkopimda dan PHRI.

Baca Juga  Warga Sumringah RSUD Bogor Utara Jadi Dibangun

Pemkab Bogor juga akan memfasilitasi peserta APKASI yang ingin berwisata di Kabupaten Bogor dengan menyiapkan daftar tempat wisata dan hotel bagi peserta serta tamu lainnya. Begitu juga dengan desa wisata, Pemkab Bogor mempersiapkannya jika ada peserta APKASI yang akan berkunjung. Apalagi, jumlah desa wisata di Kabupaten Bogor cukup banyak.

“Kita juga telah bekerja sama dengan Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia serta Badan Promosi Pariwisata di Kabupaten Bogor untuk menyiapkan paket wisata bagi peserta dari APKASI dan tamu lainnya,” paparnya.

Menurut Mely, momen HUT ke-22 APKASI menjadi ajang promosi pariwisata di Kabupaten Bogor serta potensi lainnya. Sebab, dari 416 kabupaten se-Indonesia, setidaknya 200 bupati serta beberapa tamu undangan lainnya akan hadir.

Baca Juga  Pemkab Bogor Komitmen Dukung dan Penuhi Hak-hak Anak

“Selain memiliki banyak tempat wisata alam, bisa saja para peserta yang hadir sekaligus studi banding ke desa wisata yang ada di Kabupaten Bogor. Mulai cara pembentukannya hingga pengelolaanya. Makanya kita juga siapkan itu,” kata Mely.

Selain mengenalkan tempat wisata, dalam momentum HUT APKASI ini Pemkab Bogor juga akan mengenalkan produk UMKM. Dalam acara yang digelar di Hotel Pullman Vimala itu, panitia internal telah menyiapkan booth bagi pelaku UMKM.

Begitu pula dengan hidangan makanan yang disediakan. Menu-menu yang disiapkan mayoritas makanan khas Bogor. Sebab, dipastikan banyak peserta HUT APKASI yang datang ingin mengetahui makanan khas Bogor.

“Setidaknya ada 12 booth UMKM yang kami siapkan. Bahkan untuk memperkenalkan UMKM di Bogor kita akan memberikan goodiebag atau cinderamata khas dari Bogor,” ujarnya.

Baca Juga  Tingkat Kepatuhan Masyarakat Meningkat, Penularan Covid-19 di Kabupaten Bogor Melandai

Diketahui, HUT APKASI sendiri akan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Gubernur Jawa Barat serta beberapa tamu undangan lainnya. (*/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.