Plt Bupati Bogor hingga Ridwan Kamil Sambut Peserta Rakernas APKASI dengan Pantun

by -

METROPOLITAN – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabu­paten Seluruh Indonesia (AP­KASI) ke-14 tahun 2022 resmi dibuka. Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah helaran yang sekaligus syukuran HUT ke-22 APKASI dan Malam Final Pemilihan Putri Oto­nomi Daerah itu.

Seluruh delegasi pemerintah kabupaten se-Indonesia hadir, termasuk beberapa menteri Kabinet Kerja hingga gubernur Jawa Barat.

Acara dibuka langsung Men­teri Dalam Negeri (Mendag­ri) Tito Karnavian di Hotel Pulman Vimala Hills, Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/6).

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat ke­sempatan memberikan sam­butan selamat datang kepada peserta Rakernas APKASI. Keduanya memulai sambu­tannya dengan berpantun.

“Para peserta Rakernas AP­KASI 2022, sebelum kami menyampaikan sambutan, tadi sudah disampaikan pan­tun karena kebiasaan pak menteri. kKalau di Jawa Barat itu, pak gubernur sering me­nyosialisasikan pantun. Jadi kami membiasakan mem­buat pantun,” ujar Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.

“Dari Sabang hingga ujung Papua, bahagia kita hidup di Nusantara. Selamat datang kepada hadirin semua, kami menyambut dengan bahagia,” katanya disambut tepuk tangan para peserta rakernas.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga tak mau ketinggalan ber­pantun menyambut para ang­gota APKASI.

Baca Juga  Pemkab Bogor Sukses Jadi Tuan Rumah HUT APKASI Ke-22

“Malam Jumat memasak kentang dan nasi, lauknya ikan sepat dari muara.

Selamat datang untuk seluruh anggota APKASI di Jawa Barat yang selalu juara,” Kata Ridwan Kamil usai menyapa satu per satu tamu yang hadir.

Rupanya, pantun yang disi­apkan Ridwan Kamil bukan satu. Sebelum sambutan, ia kembali berpantun di acara yang dihadiri banyak peserta itu.

“Daun kelapa, daun honje, daun kelor. Jangan lupa ha­biskan SPJ-nya di Kabupaten Bogor,” lanjutnya disambut tawa dan tepuk tangan.

Usai menyampaikan pantun, Iwan Setiawan melanjutkan sambutannya. Ia mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ingin AP­KASI dapat mendorong per­cepatan pemulihan ekonomi dan kebangkitkan sektor pa­riwisata dan UMKM di Kabu­paten Bogor.

Di samping itu, Iwan meny­ampaikan rasa bangganya lantaran Kabupaten Bogor dipilih menjadi tuan rumah rakernas, sekaligus HUT ke-22 APKASI.

“Semoga kedatangan dele­gasi pemerintah kabupaten dari seluruh Tanah Air ke Kabupaten Bogor dapat mendorong pemulihan eko­nomi, baik sektor pariwisata dan UMKM di Kabupaten Bogor. Kebanggaan dan te­rima kasih kepada Dewan Pengurus APKASI yang telah menunjuk Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah, sehing­ga kami jadi yang pertama penyelenggaraan rakernas berbarengan dengan HUT ke-22 APKASI,” ungkap Iwan.

Baca Juga  Plt Bupati Bogor hingga Ridwan Kamil Sambut Peserta Rakernas APKASI dengan Pantun

Ia menjelaskan APKASI di­bentuk, dirumuskan, dan dicita-citakan dalam seman­gat reformasi 22 tahun yang lalu untuk menjadikan oto­nomi daerah sebagai jawaban bagi peningkatan kesejahte­raan dan kemakmuran ra­kyat.

Selama pemberlakuan oto­nomi daerah, kabupaten/ kota telah berkembang dan semakin mandiri. Ditandai munculnya berbagai kreati­vitas dan inovasi dalam me­mecahkan masalah pembangu­nan dan pelayanan publik di daerah.

“Terima kasih dan apresia­si yang setinggi-tingginya kepada APKASI yang selama 22 tahun telah berkontribusi dalam peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan, percepatan pembangunan, dan terciptanya harmonisasi dalam hubungan antara pe­merintah pusat, provinsi, dan daerah,” terangnya.

Selain itu, APKASI merupa­kan mitra strategis pemerin­tah kabupaten dalam mem­perjuangkan apresiasi dan kepentingan daerah agar selalu selaras dengan pembangunan nasional.

APKASI juga menjadi wadah kerja sama yang harmonis dan saling menguntungkan dalam upaya percepatan pembangu­nan daerah, peningkatan kualitas pelayanan masyara­kat, dan pemulihan ekonomi.

“Semoga Rakernas APKASI ini dapat merumuskan kebi­jakan, program kerja, serta menghasilkan rekomendasi strategis yang dapat mendo­rong kolaborasi dan kapasitas seluruh kabupaten di Indo­nesia. Tentunya dengan se­mangat kolaborasi kita dorong pemulihan ekonomi nasional dan bersama-sama sukseskan KTT G-20 untuk percepatan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan,” tan­das Iwan.

Baca Juga  Resmi, Ade Yasin Dikukuhkan Sebagai Waketum APKASI

Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan juga memulai sambutannya dengan berpantun. Setelah itu, ia menjelaskan bahwa Rakernas ke-14 APKASI ini berkomitmen melakukan pemulihan eko­nomi. Sebab, saat ini APKASI tengah fokus pada pemulihan ekonomi pascapandemi Co­vid-19 selama dua tahun lebih.

“Harapan masyarakat be­gitu besar dan ini jadi tantan­gan kita. Kami APKASI harus bisa menerjemahkan berba­gai inisiatif besar tingkat du­nia menjadi kebijakan konkret yang langsung dirasakan manfaatnya oleh rakyat ka­rena kita lah garis besar pe­merintah,” ujarnya.

Selain itu, rekernas ini dila­kukan untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat.

Menurutnya, APKASI akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah pusat karena kolaborasi sang­at diperlukan dalam upaya pemulihan.

“Sinergi kebijakan akan kami akan terus perkuat an­tara pemerintah pusat dan kabupaten. Karena untuk pulih dan bangkit tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan dilakukan secara kolaborasi bersama-sama,” pungkasnya. (*/fin/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.