PPDB Bogor hanya Tampung 36 Persen Lulusan SMP

by -

METROPOLITAN – Pendaf­taran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK negeri di Kabupaten Bogor telah dibuka.

Dari jumlah sekolah 45 untuk SMA dan 11 SMK ne­geri, diperkirakan hanya akan menampung 30 sampai 36 persen dari jumlah lulusan SMP atau calon peserta didik pada tahun ajaran 2022-2023.

“Kalau yang tertampung di SMA dan SMK negeri itu le­bih kurang hanya sekitar 30 sampai 36 persen, selebihnya mereka akan sekolah di sekolah-sekolah yang dise­lenggarakan masyarakat atau swasta,” ujar Ketua Musya­warah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Bogor, Bambang Supriyadi.

Meski daya tampung di setiap sekolah berbeda-beda, lanjut Bambang, mak­simal 12 kelas dengan jum­lah 36 siswa per kelas. Pada pelaksanaan PPDB tahap pertama, mulai Senin hing­ga Selasa (6-7) Juni 2022, SMA atau SMK favorit telah dipenuhi pendaftaran calon siswa. “Seperti hari pertama di SMA Dramaga, yang mendaftar sekitar 240 dari kuota sekitar 190, baik jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi,” jelasnya.

Baca Juga  Disdik Optimis PPDB Tepat Waktu

Setelah diverifikasi melalui aplikasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, maka segera diumumkan peserta didik yang diterima di seko­lah tujuan. Ia mengimbau jangan berkecil hati bagi peserta didik yang belum diterima di jalur afirmasi maupun prestasi. Masih ada kesempatan mendaftar di tahap kedua melalui jalur zonasi.

“Untuk wali murid bisa bertanya jalur apa yang ma­sih kosong, misal berlomba-lomba di jalur prestasi, pa­dahal orang tuanya guru, sedangkan di sekolah tujuan masih kosong, maka bisa bertanya di humas masing-masing,” imbaunya.

Sementara itu, Humas Di­nas Pendidikan Kabupaten Bogor, Iqbal Rukmana, men­jelaskan, untuk kuota PPDB jejang SD dan SMP masih dalam pembahasan. Meski demikian, pihaknya memas­tikan akan mengutamakan jalur zonasi. “Kalau jalur zonasi saat ini, apalagi penye­baran SD di kita masih dapat memungkinkan menampung semua calon peserta didik, baik negeri maupun swasta,” tukasnya.(cok/rb/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.