Punya Potensi Atasi Permasalahan, Gus Udin Ajak Kader Ulama Bogor Ambil Peran dalam Pembangunan Daerah

by -
Ketua Bidang Pendidikan MUI Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar. (IST)

METROPOLITAN.id – Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bogor mengajak para peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU) untuk bisa membangun daerah.

Hal itu diungkapkan Ketua Bidang Pendidikan MUI Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar.

Menurutnya, kader PKU harus berperan serta dalam pembangunan baik dalam sisi pemikiran maupun kebijakan.

Ia mengatakan, kader ulama bentukan MUI Kabupaten Bogor memiliki kemampuan dan kapasitas yang mumpuni disertai keilmuan.

Sehingga menjadi bekal saat berperan serta dalam pembangunan.

“Jika dihitung, setiap angkatan ada 50 kader dari 40 kecamatan dan saat ini sudah angkatan ke-16. Artinya sudah pantas kader PKU untuk berperan serta dalam pembangunan baik di tingkat lokal maupun nasional dengan prinsip saling mendukung satu sama lain,” katanya saat menjadi narasumber dalam PKU angkatan XVI di Wisma Dharmais Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (20/6).

Baca Juga  Bangkai Bus Transjakarta Terbakar Hebat di Dramaga Bogor

Gus Udin, sapaan karibnya menuturkan bahwa proses seleksi peserta PKU melalui mekanisme yang ketat.

Mulai dari keilmuan, pengetahuan agama, wawasan kebangsaan, politik, dan kedaerahan.

Ia menambahkan, berbagai poin penilaian itu menjadi tolak ukur kepantasan kader PKU untuk berperan serta diberbagai bidang, baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Saya yakin kader PKU mampu mengatasi permasalahan-permasalahan baik ditingkat lokal Kabupaten Bogor maupun di tingkat nasional. Sebab tidak sedikit kader PKU yang berkontribusi langsung dalam pembangunan,” tegas pria yang juga Dosen Universitas Djuanda (Unida) Bogor itu.

Menurutnya, keistiqomahan MUI menyelenggarakan program kaderisasi ulama ini karena adanya kerja sama yang baik antara MUI Kabupaten Bogor dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Baca Juga  Presiden Batalkan Full Day School Inilah Tanggapan Kemendikbud

“Tentu ini berjalan atas kerja sama yang baik, terjalinnya sinergitas antara Ulama dan Umara, antara MUI dengan Pemerintah Daerah, alhamdulillah,” tuturnya.

Kaderisasi ulama ini berlangsung selama empat bulan setiap tahunnya.

Para pesertanya berjumlah 50 orang yang lulus seleksi, berasal dari utusan MUI Kecamatan, Pondok Pesantren, Ormas Islam, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Bogor.(*/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.