Puting Beliung hingga Air Bah Terjang Bogor

by -

Air bah mendadak menerjang permukiman warga di Kampung Cisarua, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang. Seorang warga nyaris hanyut terbawa derasnya luapan Sungai Cisarua.

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ka­bupaten Bogor menginfor­masikan bahwa akibat luapan Sungai Cisarua, banyak rumah warga rusak dan persawahan terendam banjir bandang di Kampung Cisarua, Desa Pu­rasari, Kecamatan Leuwiliang.

Kepala Bidang (Kabid) Ke­daruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nur­jatmiko mengaku saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dan sudah mener­junkan anggotanya ke lokasi banjir.

”Sedang dalam pendataan. Alhamdulillah tidak ada kor­ban jiwa,” katanya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Puraseda Asep Ruhyat men­gatakan, munculnya air bah akibat meluapnya Sungai Cisarua. Hal itu mengakibat­kan persawahan dan rumah warga ikut terdampak.

Baca Juga  Puting Beliung, Ratusan Warga Puncak Bogor Ngungsi di Masjid

”Itu Sungai Cisarua. Kan kalau di Puraseda itu jadi cuma aliran gedenya. Jadi yang banjir bandang itu Sungai Cisarua-nya,” terangnya.

Untuk diketahui, sebelum peristiwa itu terjadi, wilayah Purasari sudah diguyur hujan deras sekitar pukul 17:30 WIB. Sampai saat air bah muncul, ada warga yang terbawa lua­pan Sungai Cisarua.

”Alhamdulillah ada warga Desa Puraseda yang sempat memberikan pertolongan kepada korban yang terbawa arus. Sekarang ditangani di RSUD Leuwiliang,” ujarnya.

Asep Ruhyat menjelaskan akibat luapan Sungai Cisarua ke area persawahan warga menyebabkan sejumlah pe­tani mengalami kerugian.

”Banjir menggenangi area persawahan warga Puraseda akibat luapan Sungai Cisarua tadi. Jadi banyak juga pasti petani yang mengalami ke­rugian mungkin. Barusan saya pantau juga,” imbuhnya.

Baca Juga  Innalillahi, Pesantren di Ciampea Porak-poranda Diterjang Angin Kencang

Bukan hanya banjir ban­dang. Angin puting beliung juga terjadi di Desa Gunung­picung, Kecamatan Pamija­han, Kabupaten Bogor. Aki­batnya, puluhan rumah warga rusak.

”Ada pun bencana puting beliung menyebabkan bebe­rapa rumah warga menga­lami kerusakan ringan dan berat,” kata Kabid Kedarura­tan dan Logistik BPBD Kabu­paten Bogor Aris Nurjatmiko melalui keterangannya, Rabu (22/6).

Total rumah yang rusak aki­bat bencana puting beliung tersebut sebanyak 27 unit. Puluhan rumah itu tersebar di tiga RT.

”RT 04/02 sebanyak sepuluh rumah, RT 04/05 sebanyak sepuluh rumah, dan RT 02/05 sebanyak tujuh rumah,” be­bernya.

Selain puluhan rumah war­ga rusak, angin puting beliung itu juga membuat kandang ayam milik salah seorang warga roboh. Sementara, pi­hak BPBD masih memantau perkembangan peristiwa ter­sebut.

Baca Juga  Usai Puting Beliung di Parungpanjang Bogor. 50 Rumah Rusak, Dua Desa Terdampak Paling Parah

”Pendataan sementara dila­kukan sampai pukul 20:00 WIB. Perkembangan terus dimonitor dan dilaporkan,” tuturnya.

Hingga tadi malam, petugas BPBD bersama warga berada di lokasi bencana puting be­liung. Tampak kerusakan pada sebagian bangunan ru­mah warga.

Sebelumnya, angin kencang juga mengakibatkan kerusa­kan bangunan di wilayah Cigudeg. (sur/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.