Ribuan Warga Terdampak Banjir Bandang di Leuwiliang Bogor

by -
Kondisi banjir bandang yang mulai surut

METROPOLITAN.id – Kampung Cisarua, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, diterjang banjir bandang, Rabu (22/6) malam. Akibatnya, ribuan warga di beberapa RT terdampak banjir tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko mengatakan, banjir bandang tersebut terjadi sekitat pukul 18.30 WIB.

Saat itu, wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Akibatnya, aliran Sungai Cisarua meluap

Sejauh ini, sedikitnya ada 1.620 warga terdampak banjir bandang tersebut. Mereka tersebar di beberapa RT, yakni RT 01, 02, 03, 04 dan 05 RW06, Kampung Cisarua, Desa Purasasi, Kecamatan Leuwiliang. Jumlah tersebut terdiri dari 405 Kepala Keluarga (KK).

Meski demikian, luapan sungai tersebut sudah mulai surut. Namun, warga diminta tetap waspada.

Baca Juga  PEMKOT Bogor Sumbang PMI RP652 Juta

“Intensitas hujan cukup tinggi ya, sehingga aliran Sungai Cisarua meluap dan terjadi banjir bandang. Aliran air bersih warga juga terputus,” ujar Aris, Kamis (23/6).

Saat ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan evakuasi, asesmen serta mendistribusikan air bersih untuk warga.

“Kami imbau masyarakat untuk tetap waspada. Sejauh ini kebutuhan dasar itu air bersih. Karena terputus alirannya,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.