Selain Zulhas, PAN Bogor Usulkan Anies Baswedan hingga Ganjar Pranowo Jadi Calon Presiden 2024

by -

METROPOLITAN.id – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bogor sukses menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I di Hotel Grand Ussu Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Senin (27/6). Rakerda tersebut menghasilkan sejumlah usulan nama yang bakal maju di Pemilu 2024, termasuk calon presiden.

Ketua DPD PAN Kabupaten Bogor, Arif Abdi mengatakan, nama pertama yang diusulkan pihaknya untuk maju sebagi calon presiden (capres) 2024 adalah Zulkifli Hasan.

Pria yang karib disapa Zulhas ini meruoakan ketua umum PAN dan belum lama dilantik sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

“Dari internal itu kita usulkan Zulkifli Hasan selaku ketua umum sebagai calon presiden,” ujar Arif Abdi, Senin (28/6).

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan sejumlah nama dari eksternal partai untuk calon presiden. Nama-nama tersebut di antaranya yaitu Gubernur DKI Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir, hingga Airlangga Hartarto.

“Untuk di eksternal, ada nama-nama beken yang kami usulkan hasil dari poling para ketua DPC tingkat kecamatan yang hadir saat ini, di antaranya Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir, serta Bapak Airlangga selaku ketum Partai Golkar,” ungkapnya.

Baca Juga  Pasha Ungu dan Ruri Repvblik Berpeluang Diusung PAN

Meski demikian, nama-nama kandidat yang dihasilkan dari Rakerda DPD PAN Kabupaten Bogor itu masih sebatas usulan dari tingkat daerah. Usulan ini selanjutnya akan diajukan ke tingkat provinsi hingga DPP PAN.

“Tapi kalau yang dominan untuk kita usung sebagai presiden nanti, ya kami mengusulkan ketua umum kami Bapak Zulkifli Hasan,” tegas Arif Abdi.

Terkait Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas pimpinan Partai Golkat, PAN dan PPP di pusat, Arif Abdi maengaku masih menunggu keputusan dari DPP PAN. Untuk tingkat kabupaten, pihaknya juga telah membentuk koalisi tersebut sesuai arahan DPP.

“Jadi untuk masalah pilpres di KIB itu, kita nunggu dari DPP PAN. Cuman memang kita disuruh untuk membentuk KIB ditingkat kabupaten/kota, termasuk di Kabupaten Bogor ini kita sudah deklarasi. Soal muaranya kemana mendukung siapa, kami masih menunggu intruksi dari DPP,” terangnya.

Selain untuk Pilpres 2024, rakerda ini juga merumuskan usulan nama untuk Pilkada 2024, yakni pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat dan pemilihan bupati (pilbup) Bogor.

Baca Juga  Ahok Cerita Tuntaskan Kepemimpinan dan Impian Setelah Lengser

Nama yang muncul untuk calon gubernur Jabar adalah Desy Ratnasari. Saat ini, Desy Ratnasari menjabat sebagai Ketua DPW PAN Jabar dan anggota DPR RI Dapil Jabar IV.

Untuk calon gubernur, Arif Abdi mengaku pihaknya hanya mengusulkan satu nama tersebut.

“Kalau gubernur kita mengusulkan cuma satu nama, yakni Desy Ratnasari selaku ketua DPW Jabar. Itu sudah titik, mutlak, tidak ada nama lain yang kami usulkan,” kata Arif Abdi.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kabupaten Bogor, H Permadi Dalung juga mengungkapkan sosok yang menjadi usulan PAN untuk maju di Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor 2024 mendatang.

Ada dua nama yang diusulkan sebagai calon bupati Bogor. Pertama adalah Arif Abdi yang saat ini menjabat ketua DPD PAN Kabupaten Bogor.

Nama kedua adalah Sigid Purnomo atau karib disapa Pasha Ungu. Mantan wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah ini juga merupakan kader PAN sehingga masuk usulan untuk maju di Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor mendatang.

“Tapi itu kan hanya mengusulkan saja dari internal kami di DPD PAN. Karena untuk Sigit Purnomo atau yang dikenal Pasha Ungu ini juga merupakan kader kami di Partai Amanat Nasional,” ungkapnya.

Baca Juga  KPK bakal Panggil Anies Baswedan

Sejauh ini, Permadi mengaku memang belum ada komunikasi dengan Pasha Ungu terkait Pilbup Bogor. Meski demikian, pihaknya bakal membangun komunikasi dengan vokalis band Ungu tersebut dalam waktu dekat.

“Jujur kita juga belum pernah bicarakan soal ini ke Pasha Ungu untuk diusulkan di Pilbup Bogor nanti. Tapi kita akan tanyakan langsung ke beliau mau atau tidak jika dia dijadikan kontestan di Pilbup Bogor periode 2024-2029,” terangnya.

Ia menjelaskan, Pasha Ungu juga sebetulnya dikabarkan akan maju di DPR RI pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Namun, bukan tidak mungkin Pasha Ungu menjadi kontestan di Pilbup Bogor jika hasil survei dan elektabilitasnya tinggi.

“Kami tidak memungkiri kader PAN, yakni Pasha Ungu dikabarkan akan maju di DPR RI. Tapi bila memang hasil survey nanti dan elektabilitasnya tinggi, mengapa tidak jika kami usulkan, kita usung di Pilbup Bogor. Semuanya kita lihat hasil dari survey nanti,” pungkasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *