Survei LSP Sebut 80 Persen Publik Yakin Prabowo Nyapres Lagi pada Pilpres 2024

by -
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. (IST)

METROPOLITAN.id – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga Menteri Pertahanan RI diyakini bakal kembali dicalonkan oleh Gerindra menjadi calon presiden 2024.

Hal itu diungkapkan Lembaga survei Lingkaran Suara Publik (LSP) yang menyatakan bahwa sebanyak 80,2 persen Prabowo Subianto akan dicalonkan oleh Partai Gerindra maju pada Pilpres 2024.

Sejauh ini, elektabilitas Prabowo masih tertinggi dari sejumlah tokoh lainnya.

“Terhadap Prabowo 80,2 persen. Publik yakin Prabowo akan dicalonkan Partai Gerindra menajdi calon Presiden 2024,” kata peneliti senior LSP Indra Nuryadin dikutip dari JawaPos.com, Senin (20/6).

Selain itu, ia membeberkan bahwa ingkat pencalonan presiden terhadap Airlangga Hartarto memeroleh 32,2 persen, lalu Anies Baswedan 20,4 persen dan Erick Thohir hanya 7,8 persen.

Baca Juga  Bima Arya Beberkan Lima Nama Capres dari PAN, Mulai dari Ridwan Kamil hingga Anies Baswedan

Ia menuturkan, publik lebih yakin bahwa para capres yang berlatarbelakang elit parpol akan dicalonkan oleh untuk menjadi capres 2024 dibanding oleh Capres yang berlatar non elit Parpol.

“Sementara publik yang tidak yakin sebesar 35,1 persen dan ada 25,8 persen yang ragu-ragu,” papar Indra.

Terkait elektabilitas, kata dia, sosok Prabowo Subianto memeroleh 27,7 persen, Anies Baswedan 16,8 persen, Ganjar Pranowo 16,5 persen, Ridwan Kamil 5,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 5,7 persen, Puan Maharani 5,3 persen, Erick Thohir 2,8 persen, Khofifah I Parawansa 2,1 persen, Airlangga Hartarto 1,8 persen, Muhaimin Iskandar 1,2 persen, Andika Perkasa 1,1 persen dan Sri Mulyani 1,1 persen.

Baca Juga  Silaturahmi bareng Bacaleg, NasDem Kabupaten Bogor Bangun Soliditas Sambil Bedah Dapil

“Sementara tidak menjawab ada 12,1 persen,” ungkap Indra.

Survei LSP ini dilakukan pada 29 Mei-9 Juni 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi. Responden yang dipilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Sementara pengumpulan data survei dilakukan lewat wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Margin of error survei tersebut +/- 2,8 persen dengan tingkat keyakinan 95 persen. (jp/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *