Tumpas Peredaran Narkoba Diseluruh Wilayah, BNNK Gandeng Pemkab Bogor Deklarasi Desa Bersinar

by -
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan

METROPOLITAN.id – Mengantisipasi peredaran narkoba di sejumlah wilayah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor serta kepala desa dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor melakukan deklarasi Desa Berisih Dari Narkoba (Bersinar).

“Desa bersinar adalah program pusat. Dan alhamdulilah Kabupaten Bogor hari ini mendeklarasikan 40 desa yang sudah terbentuk menjadi desa bersinar,” kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Menurutnya, program tersebut akan dikembangkan ke desa lainnya di Kabupaten Bogor dengan melibatkan BNNK. Terlebih saat ini sudah ada 40 desa di Kabupaten Bogor yang sudah membentuk tim untuk melakukan sosialisasi program tersebut.

“Selain kepala desa yang datang, ada beberapa kades yang mengikuti deklarasi secara daring. Dengan begitu saya harap di seluruh desa di Kabupaten Bogor membentuk tim untuk desa bersinar ini,” paparnya.

Baca Juga  Danau Menghilang, Bahkan Berubah Jadi Perumahan

Iwan menyebutkan, pada pengembangan program Desa Bersinar, Pemkab Bogor bakal memberikan anggaran khusus kepada BNNK melalui Bagian Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BHPRD) yang nantinya diperkuat dengan Peraturan Bupati (Perbup).

“Pendanaan sudah ada dari BHPRD atau juga dari dana desa yang disisihkan untuk itu pembentukan dan kegiatan sosialisasi. Rata-rata satu desa Rp20 juta cukup untuk sosialisasi program ini,” jelasnya.

Iwan sendiri mengaku sangat menyambut program Desa Bersinar ini. Karena itu merupakan upaya pemerintah untuk mencegah dengan membina masyarakat dari bahaya narkoba.

“Ini program yang sangat luar biasa. Kami tentu mendukung hal itu. Apalagi para kepala desa juga hadir dalam deklarasi, yang menandakan mereka berkomitmen atas program tersebut,” ungkapnya. (mam)

Baca Juga  Sempat Hadiri Rapat Forkopimda, Ketua DPRD Bogor Positif

Leave a Reply

Your email address will not be published.