Usai Prosesi Pemakaman Eril, Ridwan Kamil : Kami Sudah Ikhlas dan Sangat Tenang

by -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya saat menyaksikan prosesi pemakaman Eril, Senin (13/6). (Tangkapan layar dokumentasi Humas Jabar)

METROPOLITAN.id – Usai prosesi pemakaman Emmeril Khan Mumtadz (Eril), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku pihak keluarga sudah ikhlas dan sangat tenang setelah kehilangan anak sulungnya tersebut.

“Kami sudah ikhlas dan sangat tenang. (Eril) dimakamkan dengan cara yang sangat baik,” katanya kepada awak media, Senin (13/6).

Ia berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan jajaran menteri, khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Swiss, yang sudah sangat membantu.

Mulai dari proses pencarian, saat jenazah ditemukan hingga proses kepulangan Eril ke tanah air.

“Terima kasih kepada bapak presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, para menteri, khususnya Menlu dan KBRI di Swiss, yang sudah sangat membantu kami,” ujarnya.

Baca Juga  Pembangunan Reservoir Jabaru Rampung, Perumda Tirta Pakuan Fokus Uji Coba Kualitas Air

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil menaburkan tanah pertama untuk makam Eril saat prosesi pemakaman.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas doa dan ridanya buat para warga melepas kepergian Eril. Warga memang memadati sepanjang perjalanan iring-iringan jenazah dari Kota Bandung menuju Cimaung, Kabupaten Bandung.

Kang Emil meminta maaf kepada warga bila iring-iringan jenazah Eril dari Kota Bandung menuju tempat pemakaman keluarga di Cimaung, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

“Sepanjang jalan kami liat begitu ikhasnya, begitu rida-nya warga mendoakan Eril. Bila dalam prosesi pemakaman, iring-iringan jenazah, (warga) jadi nggak nyaman, kami mohon maaf,” ujarnya.

Setelah ditemukan pada di Bendungan Engehalde, Sungai Aare, Rabu (8/6) lalu, jenazah putera sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) sudah tiba di Indonesia sejak Minggu (12/6).

Baca Juga  500 Guru di Kabupaten Bogor Pensiun Tahun Ini, Sekolah Negeri Rata-rata Hanya Dihuni Dua Guru ASN

Eril pun dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin (13/6) pagi. Makam Eril berada di masjid yang tengah dibangun dan didesain oleh Ridwan Kamil, yang akan dinamai Masjid Al Mumtadz, yang diambil dari nama belakang Eril.

Ridwan Kamil juga memastikan warga dibolehkan untuk melakukan ziarah kubur setelah prosesi pemakaman selesai. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *