Waduh! Dua Warga Depok Terpapar Omicron BA.5

by -

METROPOLITAN – Seba­nyak dua warga Depok terpa­par Omicron subvarian baru. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok mengatakan ba­hwa dua orang tersebut sem­pat terpapar varian Omicron BA.5.

Juru Bicara Satgas Penanga­nan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, mengung­kapkan, dua warga itu sudah selesai menjalani isolasi. Me­reka terpapar kasus Omicron BA.5 di Depok, setelah sampel dikirim ke pusat laboratorium di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

”Yang sudah dikirim datanya dua orang Omicron BA.5 itu sudah selesai isolasi, sudah bisa beraktivitas kembali,” ujar Dadang, kemarin.

Saat ini Satgas Covid-19 Kota Depok tengah melakukan tracing terhadap enam orang tambahan yang diduga ter­papar Omicron BA.5. Namun, mereka diketahui tak ber-KTP Depok.

Baca Juga  Covid-19 Varian Baru Omicron Melonjak Awal 2022, Tak Ada Bansos bagi Warga Isoman

”Yang enam ini masih tracing dan sesuai kependudukan bukan ber-KTP Depok. Tapi khawatir berdomisili di Depok,” sambungnya.

Dadang mengatakan, Pe­merintah Kota (Pemkot) De­pok sudah menyiapkan iso­lasi terpusat untuk pasien yang terpapar. Rumah Sakit Anu­gerah Sehat Afiat (ASA) di RSUD Timur akan diperpan­jang hingga tiga bulan ke de­pan.

”Rumah Sakit ASA di RSUD Timur itu digunakan untuk isolasi terlebih dulu. Sesuai arahan Pak Wali, kita perpan­jang lagi hingga tiga bulan ke depan,” ungkap Dadang.

Setidaknya 20 tempat tidur disiapkan di RSUD ASA. Te­naga medis juga sudah ber­siaga di tempat isolasi ter­sebut.

Adapun antisipasi yang dila­kukan Pemkot Depok dengan temuan varian baru, yakni kegiatan yang diikuti lebih dari 1.000 orang, wajib me­nyertakan bukti vaksin boos­ter. Ia pun mengingatkan warga selalu waspada lantaran Covid-19 belum usai.

Baca Juga  Dua per Tiga Vaksin Omicron Sudah Vaksin Dosis Kedua

”Jadi misalnya sekarang sudah keluar Surat Edaran (SE) Satgas Pusat, kegiatan di atas 1.000 orang, syaratnya harus sudah vaksin booster. Untuk vaksinasi booster juga di-push di masing-masing kecamatan,” ujar Dadang.

”Kita pesan kepada warga untuk tetap menjalankan pro­kes di tempat tertutup maupun terbuka untuk menghindari tertularnya varian baru, ka­rena Covid masih ada. Se­gera lakukan vaksin booster, pemerintah sudah menyiap­kan fasilitasnya. Baik Pemkot, Polres, Kodim, sudah siap tinggal warganya yang belum,” sambungnya. (dtk/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.