2 Tahun Tak Bersua, Lapas Cibinong Kembali Buka Kunjungan Tatap Muka Bagi Warga Binaan dan Keluarga, Ini Syaratnya

by -

METROPOLITAN.id – Setelah lebih dari 2 tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Cibinong, Kabupaten Bogor kembali membuka kunjungan tatap muka bagi keluarga yang akan mengunjungi warga binaan.

Kalapas Cibinong, Usman Madjid mengatakan, dibukanya kunjungan tatap muka ini berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Nomor PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 Tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar.

“Kami baru buka hari ini dan setelah 2 hari kunjungan tatap muka, sudah ada 30 warga binaan yang menerima kunjungan dari keluarganya,” kata Usman, Kamis (7/7).

Usman menjelaskan, ada beberapa syarat dan pemeriksaan ketat yang diterapkan Lapas Cibinong untuk keluarga yang akan mengunjungi warga binaan.

Baca Juga  Angkot Demo, Pelajar Terpakasa Jalan Kaki

Beberapa syarat tersebut yakni keluarga warga binaan wajib menunjukkan identitas yang otentik seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan wajib melakukan vaksinasi booster.

“Identitas seperti KTP dan KK itu wajib. Namun untuk vaksinasi booster, mereka yang belum bisa dapat melakukan pemeriksaan swab antigen dan menunjukkan kepada petugas buktinya sebagai pengganti. Selain itu kita lakukan pemeriksaan barang bawaannya dan pemeriksaan badan,” ungkapnya.

Menurut Usman, pihaknya memberikan jumlah maksimal untuk kunjungan sebanyak lima orang dewasa yang merupakan keluarga inti dari warga binaan.

Meskipun kunjungan tatap muka telah dibuka secara terbatas, pihaknya juga tetap menerapkan protokol kesehatan kepada keluarga warga binaan yang akan berkunjung seperti memakai masker, mencuci tangan, dan lainnya.

Baca Juga  Ayo Para Orang Tua Kenali Penyakit Mata Malas pada Anak

“Kita minta keluarga yang sesuai atau terdaftar dalam identitas yang kami minta. Waktu kunjungan maksimal selama 30 menit dan dibuka untuk pendaftaran kunjungan pagi mulai Pukul 09.00-11.00 WIB dan siang mulai Pukul 13.30-14.30 WIB,” terang Usman.

Untuk mengantisipasi adanya keramaian saat kunjungan tatap muka dibuka, setiap warga binaan juga hanya dapat dikunjungi sekali selama satu minggu.

“Kami punya 1.529 warga binaan yang berada di dalam Lapas. Untuk mencegah padatnya kunjungan, kami juga tetap buka pelayanan penitipan barang dan video call bagi untuk warga binaan,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.