94.000 Vaksin PMK Hewan Tiba di Bandara Soetta

by -

METROPOLITAN – Seba­nyak 94.000 vaksin untuk hewan ternak demi mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tiba di Indonesia mel­alui Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, berharap pi­haknya mendapatkan 1.100 dosis. ”Vaksin terukur ber­jumlah 94.000 dosis. Vaksin tersebut berasal dari Prancis,” ujar Muktabar di Bandara Soetta, kemarin.

Menurutnya, kedatangan vaksin PMK menjadi upaya mencegah penyebaran PMK. Pemprov Banten pun mem­prioritaskan vaksin untuk sentra ternak yang berpo­tensi menjadi lokasi penye­baran PMK. ”Kita akan mengajukan 1.100 dosis. Mudah-mudahan kita menda­pat prioritas seperti yang di­alokasikan Kementerian Per­tanian. Prioritas kita untuk ke sentra-sentra yang sangat percepatan infeksinya tinggi,” ujarnya.

Muktabar menambahkan, Banten sudah menerima 1.100 dosis vaksin PMK. Vaksin ter­sebut diajukan untuk penanga­nan lanjutan terhadap hewan ternak di Banten yang terjang­kit PMK. ”Penanganan yang dilakukan khusus bagi ternak kita yang diprioritaskan ada­lah sapi perah, sapi-sapi yang dalam pengembangannya masih baik. Sehingga sapi-sapi itu tidak menginfeksikan­nya kepada yang lain dan mudah-mudahan bisa sem­buh,” tuturnya.

Baca Juga  Siaga 2 Minggu Hingga Tampung Keluhan Sakit Warga Sekitar

Mantan sekda Banten ini menjelaskan, hingga hari ini ada 2.050 hewan yang ter­jangkit PMK di wilayahnya. Peningkatan yang cukup tinggi, khususnya di Kota Tangerang. ”Tapi biasanya itu bagian dari lalu lintas sapi dari tata olah dagang. Di kawasan Banten dari 2.050 saat ini di antaranya di Kota Tangerang, sudah 800-an ya,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat tak perlu panik. Menurutnya, penyakit pada hewan ini tidak berefek kepada manusia. ”Tentu harus diolah secara baik dan benar. Tingkat ke­sembuhan dari perkembangan yang ada sudah mencapai 42 persen. Jadi cukup tinggi. Mudah-mudahan ini aman,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kan­tor Pelayanan Utama Bea Cukai Bandara Soetta, Finari Manan, mengatakan, vaksin PMK merupakan tahap ketiga yang tiba di Indonesia. Saat ini to­tal sudah ada 3.104.000 dosis vaksin PMK yang tiba di In­donesia.

Baca Juga  Jadi Viral, 'Dangdutan Kuburan' Disetop

”Jadi, vaksin yang pertama pada 12 Juni sebesar 10.000 dosis. Kemudian pada 16 Juni sebanyak 3 juta dosis dan kemarin pada 3 Juli itu seba­nyak 94.000 dosis jadi totalnya ada 3.194.000 dosis yang akan didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui Kemente­rian Pertanian,” ujarnya. (dtk/ suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.