Bantuan Rp500 Juta untuk Warga Korban Banjir Bandang Bogor dari Gubernur Belum Cair, Fasilitas MCK Masih Terbatas

by -

METROPOLITAN.id – Bantuan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar Rp500 juta untuk warga terdampak banjir bandang di Leuwiliang dan Paminahan, Kabupaten Bogor ternyata belum cair. Sementara saat ini, warga masih kekurangan fasilitas MCK.

Sekretaris Kecamatan Leuwiliang, Iwan Darmawan mengatakan, saat ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor agar bantuan bantuan tersebut segera cair. Sehingga bisa digunakan untuk pemulihan infrastruktur.

Menurut Iwan, banyak rumah warga yang rusak berat, sedang hingga ringan akibat banjir bandang yang menerjang Desa Purasari pada Rabu (22/6) lalu.

“Itu perlu diperbaiki segera. MCK juga terbatas dan kondisinya berbahaya untuk kesehatan warga,” ujar Agus, Rabu (8/7).

Baca Juga  Bima Arya Buka Suara Soal PT Lorena 'Cabut' dari Biskita Transpakuan

Karena terbatasnya fasilitas MCK, Iwan khawatir warga yang terus melakukan kerja bakti untuk bersih-bersih justru tertular penyakit. Ia pun mengaku tidak mengetahui kenapa bantuan gubernur tak kunjung cair.

“Katanyanya belum cair gitu aja. Kami kan terus koordinasi dengan Kades Purasari. Katanya memang kekurangan MCK. Jadi sementara pakai di musala, masjid dan rumah warga yang tidak terlalu rusak dipakai oleh warga,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi lokasi dan warga terdampak banjir bandang di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Minggu (26/6).

Saat itu, Ridwan Kamil membawa bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk warga terdampak sebesar Rp500 juta.

Selain itu, ia berpesan agar Pemkab Bogor cepat dalam melakukan pendataan dan distribusi bantuan.

Baca Juga  Dubes Beberkan Kronologis Hilangnya Putra Sulung Ridwan Kamil, Pencarian Berlanjut dengan Drone Sensor Panas

“Jangan dilama-lama, sampaikan di lapangan, uang itu khusus untuk tanggap darurat dulu, mudah-mudahan bisa bermanfaat,” kata Ridwan Kamil kala itu. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.