BPKH Ambil Bagian dalam Pemulihan Infrastruktur Pasca Banjir Bandang Leuwiliang dan Pamijahan

by -
Pemerintah Kabupaten Bogor menerima bantuan untuk korban bencana banjir bandang di Kecamatan Leuwiliang dan Pamijahan

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor saat ini tengah fokus melakukan pemulihan infrastruktur kepada korban bencana di Kecamatan Leuwiliang. Sejumlah pihak pun mulai ambil bagian dalam pemulihan pasca bencana banjir bandang tersebut, tak terkecuali Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Alhamdulillah, bantuan dari BPKH ini sangat membantu kebutuhan masyarakat di sana (Leuwiliang dan Pamijahan) pasca bencana. Karena sampai saat ini masih banyak yang perlu dibantu, terutama untuk kebutuhan dasar seperti sandang dan pangannya,” kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Iwan menyebutkan jika saat ini Pemkab Bogor tengah fokus pada pemulihan infrastruktur warga di wilayah terdampak bencana. Sehingga, bantuan-bantuan dari para relawan seperti ini akan sangat meringankan beban masyarakat termasuk pemerintah.

“Kami juga sangat menunggu bantuan dari yang lainnya supaya masyarakat tidak hanya dicukupi kebutuhan dasar, tapi juga kebutuhan lainnya,” paparnya.

Baca Juga  Rampok Bobol Minimarket di Bogor, Tangis Karyawati Undang Perhatian Warga

Dalam bantuan tersebut, Pemkab Bogor menerima bantuan senilai Rp200 juta dari BPHK. Anggaran tersebut digunakan untuk kebutuhan dasar masyarakat pasca bencana.

“Kami dari BPKH berkolaborasi dengan rumah zakat menyiapkan bantuan BPKH yang diterima oleh bapa Plt Bupati nilainya Rp200 juta untuk kebutuhan dasar. Seperti makanan, perlengkapan kesehatan dapur dan kebutuhan mendesak lainnya,” kata anggota Badan Pelaksana Bidang Kesekretariatan dan Kemaslahatan BPKH RI, Rahmat Hidayat.

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen pihaknya untuk meringankan beban masyarakat yang terkena banjir.

“Dana ini tidak diambil dari dana haji, tapi dari nilai manfaat atau keuntungan dari pengelolaan dana abadi umat, manfaatnya kembali ke umat dalam bentuk kemaslahatan untuk masyarakat.
Ini bagian dari program kegiatan kemaslahatan,” ungkapnya. (mam)

Baca Juga  Banjir Bandang Cigudeg Bogor, Rumah Rusak, Hewan Ternak dan Kendaraan Hanyut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *