Buku KIR Banyak Dipalsukan, Dishub Kabupaten Bogor Ganti Pakai Smart Card

by -

METROPOLITAN.id – Untuk menghindari pemalsuan buku KIR kendaraan niaga, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor kini menggantinya dengan smartcard yang bebrbasis RFID. Setiap kendaraan yang telah melalukan KIR nantinya akan dipasang barcode untuk memudahkankan petugas melalukan pengecekan.

Kadishub Kabupaten Agus Ridho mengatakan, dengan adanya inovasi tersebut diharapkan tidak ada manipulasi yang dilakukan oleh pihak tak bertangung jawab yang dapat membahayakan keselamatan pengendara atau orang lain.

“Inikan smartcard yang berbasis RFID memang sesuatu yang baru yang diterapkan dan harapannya ini untuk mengurangi pemalsuan yang selama ini terjadi. Apalagi pengujiannya memang valid, dengan begitu keselamatan akan lebih meningkat,” kata Agus.

Pembeda yang paling signifikan, lanjut Agus, adalah ke daraan yang telah melakukan uji KIR tidak dicat seperti sebelumnya atau dilakukan secara manual. Namun saat ini kendaraan yang lolos uji KIR hanya diberikan barcode serta smartcard yang terhubung langsung dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga  Korea Utara Kembali Dijatuhi Sanksi Oleh AS, Ini Kata Korsel

“Kalau manual seperti dulu semua orang bisa melakukannya, makanya banyak ditemukan buku KIR palsu. Tetapi dengan inovasi baru seperti ini
memberikan kemudahan kepada kita, seperti saat melakukan pengawasan dilapangan, ketika ada operasi kita cukup menggunakan HP itu sudah muncul datanya semua,” paparnya.

Sementara itu, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan, dengan adanya smartcard tersebut bisa memaksimalkan pelayanan dan meningkatkan keselamatan saat berkendara.

“Ini arahan dari Kemenhub untuk meminamalisir pemalsuan data atau buku. Sebab banyak terjadi bukunya saja yang ikut KIR tetapi kendaraan tidak diuji,” kata Iwan.

Ia menyebutkan dengan kondisi jalanan di Kabupaten Bogor yang berbukit, lalu KIR kendaraan dipalsukan, maka akan membahayakan dengan terjadinga kecelakaan. Dengan kondisi tersebut, Iwan berharap mobil dari luar kota yang ingin melewati wilayah Kabupaten Bogor harus lolos uji KIR.

Baca Juga  KPU JABAR AMBIL DUA PILIHAN PENATAAN DAPIL KABUPATEN BOGOR

“Karena adanya KIR ini untuk menguji kelayakan kendaraan niaga dari mobil kecil sampai mobil besar dan intinya program ini untuk meningkatkan kualitas kendaraan tersebut dan penyelamatan,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *