Dewan Minta Diskanak Percepat Vaksinasi PMK dan Pengadaan Obat-obatan

by -
Ilustrasi petugas saat mengecek kondisi kesehatan hewan kurban. (Foto: Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mendorong Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor terus monitoring terkait penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Ia juga meminta vaksinasi dan pengadaan obat-obatan untuk hewan ternak dioercepat.

Menurut Rudy, monitoring penting dilakukan lantaran penyebaran PMK begitu cepat dan kian meningkat.

“Kita terus mendorong dinas perikanan dan peternakan untuk terus melakukan monitoring karena tingkat penyebaran PMK sendiri semakin hari semakin meningkat,” ujar Rudy, Senin (4/7).

Menurutnya, peternakan besar di beberapa tempat sudah melakukan lockdown. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK semakin meluas.

“Saya sudah komunikasi dengan beberapa peternak besar, mereka juga sudah menutup kandangnya sampai agustus. Karena virus itu terbawa bukan hanya dari hewannya, tapi bisa juga dari manusianya, bisa dari kendaraannya yang masuk. Kalau saya sebagai pelaku usaha melihatnya kesana,” ungkapnya.

Baca Juga  Ingat! Warga Bogor dan Pelaku Usaha Dilarang Rayakan Tahun Baru

Untuk itu, ia mendorong Diskanak mempercepat vaksinasi dan pengadaan obat-obatan untuk hewan ternak.

Menurutnya, langkah ini penting dilakukan untuk melindungi para peternak, khususnya peternak tradisional. Harusnya, mereka akan panen besar saat menjelang Idul Adha karena hewan ternak peliharaannya siap dijual.

Jangan sampai, para peternak tradisional ini malah tertimpa musibah akibat wabah PMK yang merugikan secara ekonomi.

“Makanya kami mendorong ke Diskanak pertama terkait pengadaan dan percepatan vaksin. Apalagi kita harus melindungi petani tradisional kita yang hari ini akan melakukakan panen besar yakni Idul Adha. Jangan sampai petani kita yang sudah merawat sapi, kambing, harusnya mendapat rezeki malam dapat musibah. Ini tinggal hitungan hari,” tegas Rudy.

Baca Juga  Akhirnya Polisi Bidik Penyebar Foto Rizieq Shihab dan Firza Husein

Selain itu, ia meminta Diskanak yang telah membentuk Satgas PMK aktif melakukan jemput bola. Petugas harus mengecek laporan-laporan yang masuk setiap harinya dan melakukan penanganan segera.

“Harus cepat dan memang Diskanak yang sudah membuat satgas harus jemput bola, tiap hari dicek. Harus diobati dan sterilkan, masyarakat juga harus tau mengadu kemana,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.