Disdik Bogor: Ada 1.250 Lulusan SD Putus Sekolah

by -

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupa­ten Bogor mencatat sebanyak 1.884 anak-anak putus sekolah sepanjang 2021. Mereka mer­upakan anak sekolah tingkat SD dan SMP, baik negeri mau­pun swasta.

“Untuk jenjang SD negeri sebanyak 1.196 anak dan dari swasta 54 anak. Untuk jenjang SMP negeri sebanyak 134 anak dan dari swasta 500 anak,” terang Humas Disdik Kabu­paten Bogor, Iqbal Rukmana.

Artinya, sambung Iqbal, angka putus sekolah terba­nyak berada di jenjang SD. Faktor dari banyaknya angka putus sekolah itu relatif. Selain alas an ekonomi, juga karena budaya di lingkungan pelosok. “Kultur dari orang tua atau masih ada juga stigma bahwa anak yang bisa baca itu tidak butuh sekolah, padahal itu salah besar,” jelas Iqbal.

Baca Juga  Tiga Sekolah Lolos LSS Nasional

Untuk menekan angka putus sekolah, Disdik telah meny­ediakan fasilitas sarana lem­baga pendidikan di seluruh wilayah. Selain itu, ada pula beberapa program penunjang Rata-rata Lama Sekolah (RLS). Salah satunya Program Lima Warga Satu Guru (Mawar Sagu).

“Menyasar bagi warga yang tidak bisa bersekolah dengan sistem formal, maka diarahkan mengikuti pembelajaran Non­formal (Paket A, B,C ) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM),” tutur Iqbal.

Beberapa waktu lalu, Plt Bu­pati Bogor, Iwan Setiawan, berharap Program Mawar Sagu dapat dijalankan seluruh tenaga pendidik di Kabupaten Bogor, dengan menjaring warga yang belum menge­nyam pendidikan hingga ting­kat SMP. “Satu guru itu menga­jar lima orang, lalu diarahkan mengikuti kejar paket keseta­raan. Diharapkan ini bisa mengakselerasi capaian RLS kita,” kata Iwan.

Baca Juga  Puluhan Tenaga Honorer Geruduk Kantor BKPSDM

Diketahui, Rata-rata Lama Sekolah (RLS) di Kabupaten Bogor berada di angka 8,31 tahun. Lebih rendah diban­dingkan secara nasional ya­kni 8,54 tahun. Angka itu juga masih jauh dari yang ditarget­kan Pemkab Bogor dalam Program Karsa Bogor Cerdas, yakni 8,61 tahun pada 2023.(cok/rb/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.