Dua Bendungan di Puncak Bogor Segera Selesai, Bakal Diresmikan Presiden

by -

MRTROPOLITAN.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut Bendungan Ciawi dan Sukamahi di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor akan selesai dalam waktu dekat. Nantinya, bendungan tersebut bakal diresmikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil saat meninjau dua bendungan tersebut bersama Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Senin (25/7).

Ridwan Kamil menjelaskan, dua bendungan tersebut merupakan proyek nasional di Jawa Barat untuk pengendalian banjir dan manajemen air.

“Insyaallah dalam waktu dekat, di tahun ini segera selesai dan segera diresmikan oleh Pak Presiden. Saya bertugas untuk memastikan persiapan-persiapan, juga melaporkan kepada masyarakat,” ujar Ridwan Kamil.

Menurutnya, kehadiran dua bendungan ini bisa mengurangi volume air di Sungai Ciliwung yang melintas hingga Jakarta. Sehingga, saat musim hujan, bisa mengurangi potensi banjir, khusunya di Jakarta.

Baca Juga  Ngembat Ayam Warga Bogor, Petugas Amankan Ular Sanca Batik Sepanjang Tiga Meter

Ridwan Kamil menegaskan, proyek senilai Rp1,6 triliun ini juga merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam mengurangi kebencanaan air.

“Ini adalah dua dari sembilan bendungan yang dibangun di Jawa Barat dalam kepemimpinan Presiden Jokowi. Mudah-mudahan yang lainnya bisa segera selesai juga, sehingga manajemen air di Jawa Barat yang merupakan provinsi yang paling banyak sungainya bisa kita kelola dengan baik,” harap Ridwan Kamil.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Bambang Heri Mulyono mengatakan, saat ini proses pembangunan bendungan tersebut sudah mencapai 87 persen. Diprediksi akan selesai dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan.

“Secara umum kendalanya adalah cuaca, karena di sini curah hujannya tinggi dan bangunan kita adalah timbunan tanah. Jadi kami harus mengontrol kadar airnya secara ketat,” terang Bambang.

Baca Juga  Hadiri Sertijab, Ini Harapan Rudy Susmanto Kepada Kepala BPK Jawa Barat

Ia juga mengaku selalu berkoordinasi dengan semua pihak untuk menangani permasalahan yang ada, termasuk soal akses jalan.

“Kita berkoordinasi dengan warga sekitar dan pemerintah setempat,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.