Hujan Deras di Kabupaten Bogor, 9 Kecamatan Dikepung Banjir, 6 Kecamatan Kena Tanah Longsor

by -
Hujan deras di Kabupaten Bogor menyebabkan beberapa lokasi terjadi banjir. (Foto:Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Cuaca buruk yang diikuti hujan deras serta angin kencang berdampak pada bencana yang terjadi di Kabupaten Bogor.

Dalam waktu dua hari saja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat ada 21 kejadian bencana alam. Yang terjadi sejak Jumat (15/7) hingga Sabtu (16/7).

Dari 21 kejadian, bencana banjir merupakan kejadian yang paling banyak terjadi, yakni total 11 kejadian.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin, mengatakan ada sejumlah kecamatan se-Kabupaten Bogor yang dilanda banjir pada Jumat (15/7) malam hingga Sabtu (16/7) pagi.

Beberapa daerah yang dilanda banjir yakni Kecamatan Dramaga, Kemang, Sukaraja, Rancabungur, Bojonggede, Gunungputri, Cibinong, Cigudeg, dan Jasinga.

Baca Juga  Smk Kosgoro Bangun Sarpras Program Kejuruan

Ia menambahkan, setiap desa yang terdampak banjir memiliki ketinggian air yang berbeda-beda.

Meski begitu, wilayah terdampak banjir kini sudah surut satu per satu.

“Ketinggian air bervariasi setiap desa. Semua wilayah sampai pagi ini sudah mulai surut. Sisanya tinggal Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri yang masih dalam pengawasan,” katanya, Sabtu (16/7).

Akibat kejadian ini, sambung dia, warga korban bencana kebanyakan harus menjemur peralatan rumah tangga mereka yang basah dan terendam air.

Apalagi, kata Jalaludin, banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bogor ada yang ketinggiannya mencapai ketinggian dada orang dewasa.

Selain banjir, Kabupaten Bogor juga dikepung tanah longsor. Tak kurang ada sembilan kejadian dalam rentang waktu yang sama.

Baca Juga  Kisah Pilu Cahayu, Remaja yang Hilang Ingatan Usai Koma 3 Hari jadi Korban Tragedi Kanjuruhan

Diantaranya Kecamatan Dramaga, Kemang, Cilebut, Cibinong, Gunungputri dan Citeureup.

“Salah satu rumah di Desa Gunungputri Kecamatan Gunung Putri sudah dikosongkan karena khawatir terjadi longsor susulan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko, mengatakan bahwa salah satu titik banjir di Perumahan Ambar Waringin, Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojonggede mengalami banjir hingga setinggi dada orang dewasa.

“Betul di beberapa lokasi,” ujarnya.

BPBD Kabupaten Bogor mencatat di perumahan tersebut ada 140 rumah terdampak banjir.

Rumah tersebut diisi oleh total 140 Kepala Keluarga (KK) dengan 560 jiwa.

Sementara itu, jika ditotal jumlah warga Kabupaten Bogor yang terdampak bencana alam sebanyak 4.084 KK dengan 16.240 jiwa. (ryn)

Baca Juga  Jokowi Masih Dialog dengan Ketum Parpol, Formasi Kabinet Baru Alot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *