Imbas PPDB Jabar Dinodai Pungli, Pungutan Siswa bakal Diatur Pergub

by -

METROPOLITAN – Kasus pungutan liar (pungli) kerap terjadi dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jabar. Pem­prov dan DPRD Jabar pun tengah menggodok Pera­turan Gubernur (Pergub) tentang pungutan terhadap siswa.

Ketua Komisi V DPRD Ja­bar, Abdul Haris Bobihoe, mengatakan, pihaknya ma­sih menyusun Pergub ten­tang pungutan terhadap siswa. Pergub yang tengah disusun itu akan mengatur pungutan yang boleh dila­kukan komite sekolah dan yang dilarang. ”Jadi, ketika komite sekolah melakukan pungutan bisa dipertang­gungjawabkan secara hu­kum,” katanya, kemarin.

Anggota DPRD dari Frak­si Gerindra Persatuan itu tak menampik adanya se­jumlah komite yang ingin melakukan pungutan. Namun, hal tersebut tak termasuk soal titip- meni­tip siswa saat PPDB.

Bobihoe menjelaskan, penyusunan pergub tentang pungutan terhadap siswa itu merupakan usulan dari Pemprov Jabar, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Dis­dik) Jabar. Ia menargetkan pergub bisa disahkan se­belum tahun ajaran baru 2022 dimulai. ”InsyaAllah ditandatangani gubernur sebelum anak masuk seko­lah atau tahun ajaran baru supaya komite bergerak dengan baik dalam mela­kukan pungutan,” ujarnya.

Baca Juga  SDN Papandayan Punya Cerita Manis dengan Presiden AS

Bobihoe juga menyam­paikan tentang keterkaitan penyusunan pergub dengan kasus pungli yang terjadi. Salah satunya dugaan pungli di SMK 5 Bandung. Ia ber­harap, kasus serupa tak terjadi di Jabar. (dtk/rbg/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *