Kades Diminta Segera Siapkan Proposal Samisade

by -

PLT Bupati Bogor, Iwan Setiawan, me­minta komitmen camat dan kepala desa (kades) memanfaatkan Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dengan baik. Para kades juga diminta menyiapkan pro­posal pengajuan bantuan keuangan terse­but untuk 2022. Hal tersebut disampaikan Iwan di hadapan kades se-Gunungsindur saat kegiatan Saba Desa Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Gunungsindur, Ka­bupaten Bogor, Rabu (27/7).

Menurut Iwan, dari hasil peninjauan implementasi Program Samisade di Gunungsindur, hasilnya sudah cukup maksimal. Iwan pun meminta kades me­nyiapkan ajuan dengan maksimal. Mulai dari verifikasi lapangan calon infrastruktur yang akan dibangun hingga pelaksanaan pembangunannya.

“Hari ini saya lihat camatnya siap, de­wannya mendukung, kadesnya juga siap dan masyarakat siap membantu menyuk­seskan Program Samisade,” katanya. Menurut Iwan, persiapan verifikasi juga penting dilakukan karena program ini transparan dibuka ke publik, sehingga banyak yang bisa memantau langsung. Ia berharap Agustus Program Samis­ade 2022 sudah bisa diluncurkan kembali. “Makanya dari awal kita sudah wanti-wanti, saya tidak mau intervensi urusan pelaksanaan Samisade supaya kades fokus. Libatkan masyarakat dan semua el­emen. Saya yakin kalau seluruh masyara­kat memantau, seluruh masyarakat ikut bareng-bareng, insyaAllah kerjaannya bisa dipertanggungjawabkan. Samisade itu transparan, nilainya bisa kelihatan. Kalau desa bisa memanfaatkannya dengan baik, ini jadi prestasi bagi desa dalam memban­gun wilayahnya,” bebernya.

Baca Juga  Bupati Bogor Tinjau Hasil Pembangunan Samisade di Kecamatan Cariu, Bangun Jalan Sepanjang 18.739 Meter di 10 Desa

Dalam kesempatan itu, Iwan juga mem­berikan kesempatan kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah, untuk menjelaskan soal perkem­bangan Samisade.

Menurut Renaldi, saat ini Peraturan Bupati (Perbup) soal Samisade sedang dalam tahap finalisasi sambil menunggu reko­mendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) keluar. “Kita berharap seluruh kepala desa yang telah menyelesaikan LPj segera mengajukan permohonan. Jadi saat closing, secepatnya akan kita cairkan sesuai permohonan. Revisi perbup akan kita dorong terus, jadi kita bisa launching Agustus,” tandasnya. (fin/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.