Konser Amal untuk Korban Banjir Bandang Bogor Sukses Kumpulkan Donasi hingga Rp73 Juta Lebih

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan menggelar konser amal untuk korban banjir bandang di Kecamatan Pamijahan dan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Kamis (7/7). Donasi yang terkumpul mencapai Rp73.660.000.

“Alhamdulillah acara ini disambut baik. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur atas kepeduliannya terhadap saudara-saudara kita yang terkena musibah di Leuwiliang dan Pamijahan,” ujar Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan usai acara.

Iwan menjelaskan, dirinya sudah mengunjungi langsung lokasi bencana di dua wilayah tersebut beberapa waktu lalu.

Saat itu, ia menemui langsung para warga terdampak bencana dan menanyai kebutuhan mereka. Kebutuhan tersebut lalu ia catat karena keluar langsung dari para korban.

Baca Juga  Aneh Donny Kesuma Malah Umbar Foto Bareng Selingkuhan Saat Digugat Cerai

“Setelah meninjau lokasi dan mempelajari, bantuan yang sifatnya pribadi itu masih kurang. Waktu itu saya tanya langsung butuhnya apa, ternyata mereka butuh baju, alat masak, sampai daleman juga diomongin. Dan memang setelah diinventarisasi bantuan itu belum ada,” ungkapnya.

Ia pun merilis catatan kebutuhan yang telah diinventarisasi dan menggelar konser amal untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang belum masuk dalam bantuan.

“Makanya kami inisiatif rilis kebutuhannya, ASN boleh ikut nyumbang, siapapun boleh terlibat tanpa paksaan. Tadi juga alhamdulillah dari Ria Busana menyumbang 2.000 pcs pakaian,” terang Iwan.

Menurutnya, uang donasi yang terkumpul nantinya akan diserahkan ke BPBD Kabupaten Bogor untuk selanjutnya disalurkan ke warga terdampak sesuai dengan list kebutuhannya.

Baca Juga  Indeks Pembangunan Desa Bogor Lampaui Target

Di tempat yang sama, Ditektur Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Yuliansyah Anwar menjelaskan, konser amal ini dilakukan semata untuk meringankan beban warga terdampak bencana.

Sebelumnya, pihaknya sudah menyalurkan air bersih untuk fasilitas ibadah, dapur umum, hingga kebutuhan rumah tangga usai bencana melanda Leuwiliang dan Pamijahan.

“Dari sana kami melihat kayaknya nggak mungkin berhenti satu atau dua kali bantuan. Kita membutuhkan empati dari yang lain, akhirnya kami memutuskan membuat acara yang sama-sama ingin membantu, ingin meringankan beban saudara kita,” kata Yuliansyah.

Ia juga mengucap syukur dan berterima kasih kepada berbagai pihak yang turut serta menyukseskan acara ini.

“Alhamdulillah tadi dibuka Pak Plt Bupati untuk menyemangati kita semua. SKPD, BUMD dan unsur lainnya hadir. Mudah-mudahan ada acara lagi ke depan untuk mengumpulkan bantuan,” pungkasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *