Mahasiswa Fisipkom Unida Lakukan KKN di 13 Desa yang Ada di Ciawi

by -

METROPOLITAN.id – Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertema Pengembangan Kapasitas Kelembagaan dan Masyarakat untuk Pertumbuhan dan Produktivitas Desa Berbasis Media Digital yang Berkelanjutan Pasca Covid digelar Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (Fisipkom) Universitas Djuanda (Unida). Kegiatan ini dilaksanakan pada 13 desa di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor.

Desa tersebut meliputi sebanyak 13 desa meliputi Desa Cileungsi, Cibedug, Jambuluwuk, Banjarwangi, Telukpinang, Ciawi, Bendungan, Citapen, Bojongmurni, Banjarsari, Bitungsari, Banjarwaru, dan Pandansari.

Kegiatan yang dibuka oleh Plt Dekan Fisipkom Unida Hj Rita Rahmawati, berlangsung pukul 08.30 WIB. “Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran aparatur Kecamatan Ciawi yang telah menerima mahasiswa kami untuk melaksanakan kegiatan kegiatan KKN di desa yang berada di wilayah Kecamatan Ciawi,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan KKN tahun ini merupakan kegiatan transisi pasca pandemi Covid 19 yang didalamnya berfokus pada kolaborasi antara kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Kami titipkan mahasiswa kami untuk dapat belajar terjun langsung ke masyarakat. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini mahasiswa dapat berdedikasi di masyarakat dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat serta keberkahan dari ilmu yang telah didapatkan di kampus,” ujarnya.

Turut hadir juga jajaran dekan dan para Dosen Pembimbing Lapang (DPL). Ada pun peserta KKN terdiri dari mahasiswa prodi Sains Komunikasi dan prodi Administrasi Publik Fisipkom Unida. Kegiatan pembukaan yang diawali dengan pengarahan di halaman Unida dilanjutkan keberangkatan ke Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Camat Ciawi, Sutisna menyampaikan, terima kasih kepada Fisipkom Unida Bogor atas dilaksanakan KKN 2022 di lokasi Kecamatan Ciawi. Diharapkan akan memunculkan sinergitas dan kolaborasi positif yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan memecahkan masalah di Kecamatan Ciawi.

“Saya atas nama kecamatan mengucapkan terima kasih kepada Fisipkom Unida serta mengajak kepada semua untuk sama-sama berbuat hal yang bermanfaat serta positif bagi masyarakat. Syukur Alhamdulillah Unida telah melaksanakan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor. Semoga pelaksanaan kerja sama di tingkat kabupaten dapat juga ditindaklanjuti ke wilayah,” ujarnya.

Dengan kegiatan KKN ini, pihaknya mengajak para mahasiswa untuk berbagi ilmu kepada masyarakat yang ada di wilayah Ciawi agar dalam pelaksanaannya dapat menghasilkan hal yang positif seperti moto Kecamatan Ciawi yaitu Ciawi Tersenyum, yakni tertib, segar, nyaman, unggul, dan maju.

“Hasil dari kegiatan KKN ini mohon dilaporkan kepada kami guna bahan evaluasi dan upaya peningkatan dalam bidang yang menjadi kajian para mahasiswa. Ayo kita berkontribusi dan berkolaborasi untuk kemajuan bersama. Bagi perangkat kecamatan yang saat ini belum sarjana atau mau melanjutkan studi S2, saya menghimbau untuk dapat segera bergabung bersama Unida Bogor,” tuturnya.

Plt Dekan Fisipkom Unida Rita Rahmawati berharap KKN Fisipkom ini dapat berjalan lancar serta memberikan dampak positif nyata di masyarakat. (*/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published.