MUI Kabupaten Bogor Gelar Seminar Pentingnya Kepemimpinan berlandaskan Pendidikan

by -

METROPOLITAN.id – Faktor penting penentu daya saing di dunia adalah pendidikan dan segala permasalahan bisa selesai dengan pendidikan. Hal itu diungkapkan Ketua MUI Kabupaten Bogor Bidang Pendidikan dan Pengkaderan Saepudin Muhtar.

Hal itu disampaikan saat seminar pendidikan dan kaderisasi dalam Pendidikan Kader Ulama (PKU), di Wisma Dharmais Sukaraja, Kabupaten Bogor, belum lama ini.

Seminar juga dihadiri Associate Prof. Made Saihu selaku pemateri, serta para mahasiswa PKU Angkatan ke-16.

Seminar pendidikan dan kaderisasi dilaksanakan guna memberikan pengetahuan kepada mahasiswa PKU, terkait pendidikan yang ada di Indonesia. Serta korelasi antara pendidikan dan kepemimpinan.

Menurut Gus Udin, sapaan karib Saepudin Muhtar, lahirnya pemimpin terbagi menjadi tiga.

Baca Juga  Direkam Sepupu Kelas 5 SD, Seorang YouTuber Pukuli Kakeknya

Yakni pemimpin genetis atau keturunan dan bakat, lalu pemimpin berdasarkan sosial yang disiapkan dan pemimpin ekologis atau genetis dan sosial.

Sementara itu, Prof. Made Saihu memaparkan bahwa pendidikan adalah proses penanaman sesuatu kedalam diri manusia yang memiliki tiga unsur.

Diantaranya proses penanaman, kandungan ilmu pengetahuan dan diri manusia sebagai penerima.

“Jika salah satu dari ketiga unsur tersebut tidak ada, maka hal itu tidak bisa disebut dengan pendidikan,” tukasnya.

Ia menjelaskan bahwa ada korelasi antara pendidikan dengan kepemimpinan adalah karena seorang pemimpin merupakan produk pendidikan.

Seminar pendidikan dan kaderisasi berjalan dengan lancar tanpa adanya halangan. Para mahasiswa pun turut aktif dengan memberikan pertanyaan kepada para pemateri. (*/ryn)

Baca Juga  Bos Baru PDJT Diminta Inventarisir Masalah Perusahaan, Mulai Dari PMP hingga Aset

Leave a Reply

Your email address will not be published.