Mulai Hari Ini 125.845 Siswa Wajib Daftar Ulang

by -

METROPOLITAN – Seba­nyak 125.845 siswa diterima seleksi PPDB Jabar tahap 2 jenjang SMA, SMK dan SLB. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dedi Su­pandi, mengatakan, jumlah pendaftar tahap ini ada 198.681. Namun, masih ter­sisa kuota di sebagian daerah.

”Kuotanya (PPDB Jabar tahap dua, red) 142.693 peserta di­dik dan yang diterima 125.845 peserta didik. Betul ada sisa kuota. Karena rata-rata pe­minat, kalau dilihat masih tertuju kepada sekolah ter­tentu,” kata Dedi, kemarin.

Dedi menyampaikan, kuo­ta yang tersisa ini sebagian besar berada di Kabupaten Cianjur dan Indramayu. Dis­dik Jabar juga akan menutup proses pelaksanaan PPDB Jabar 2022. ”Kita tutup dulu PPDB, kan nanti ada penga­duan, pengumuman dan daftar ulang,” ujarnya.

Baca Juga  Siswa SMKN 3 Bogor Ikuti Indonesia Revoride Expo 2019

”Kita ada pergub untuk me­ningkatkan partisipasi murni (pendidikan). Beberapa dae­rah akan disampaikan masih ada yang kosong. Tetapi, tidak mungkin juga warga Bandung sekolah di Cianjur,” lanjutnya.

Menurutnya, Disdik Jabar mempunyai program sekolah terbuka untuk meningkatkan angka partisipasi murni se­kolah. Sementara bagi siswa yang sudah diterima tahap 2, Disdik Jabar memberikan waktu untuk daftar ulang dari 11-12 Juli 2022.

Cara Daftar Ulang PPDB Jabar Tahap 2

  1. Buka laman https://ppdb. disdik.jabarprov.go.id/
  2. Pilih wilayah tujuan PPDB Jabar di bagian beranda. Mis­alnya, apabila mendaftar ke Cadisdik 7 Kota Bandung dan Kota Cimahi, maka klik Buka Laman Cadisdik.
  3. Ketika halaman Cadisdik sudah terbuka, klik menu Info Sekolah.
  4. Pilih jenjang yang dituju, kota, jenis sekolah dan seko­lah tujuan.
  5. Klik tombol Detail Sekolah, kemudian layar akan menunjukkan syarat dan ke­tentuan daftar ulang di ba­gian menu Informasi.
Baca Juga  Libur Nataru, Siswa di Kota Bogor Tetap Sekolah, Tenaga Pendidik Nggak Boleh Cuti

Sebagai contoh, ketika klik tombol Detail Sekolah untuk SMA Negeri 1 Cimahi, maka langsung tertera informasi waktu daftar ulang dan se­jumlah persyaratan dokumen yang harus dibawa.

Dikutip dari Instagram res­mi Disdik Jabar, daftar ulang dilakukan secara mandiri atau offline oleh orang tua ke se­kolah tujuan. Saat melakukan daftar ulang, dokumen asli wajib dibawa untuk diperli­hatkan kepada panitia PPDB.

Di samping itu, fotokopi dokumen juga perlu disera­hkan. Namun, fotokopi do­kumen tidak perlu dilegalisir apabila dokumen resmi sudah diperlihatkan.

Adapun syarat berkas daftar ulang antara lain: ijazah atau surat keterangan lulus, akta kelahiran atau surat kete­rangan lahir, kartu keluarga, KTP, buku rapor semester 1 sampai 5, surat tanggung jawab mutlak orang tua, bukti tanda diterima yang dicetak dari situs PPDB.

Baca Juga  Siswa SDN Bondes 3 Wajib Jaga Kebersihan

Disebutkan juga melalui media sosial resmi Disdik Jabar, peserta didik yang tidak daftar ulang PPDB Jabar tahap 2 sesuai jadwal dan tanpa pemberitahuan, maka akan dianggap mengundurkan diri. (dtk/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.