Nikita Mirzani Tersangka, Rumah Digeledah, iPad Disita

by -

METROPOLITAN – Nikita Mirzani ditetapkan sebagai tersangka atas laporan Dito Mahendra terkait dugaan pencemaran nama baik lewat media sosial. Perkaranya juga sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang.

”Penyidik Satreskrim Pol­resta Serang Kota telah mengi­rim berkas perkara tersangka atas nama NM kepada pihak Kejaksaan Negeri Serang pada 12 Juli 2022,” ujar Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga, kemarin.

Nikita Mirzani pun sudah dipanggil untuk dimintai ke­terangan sebagai tersangka pada 24 Juni 2022. Namun, Nikita meminta penundaan. ”Penyidik telah mengirimkan surat panggilan terhadap NM sebagai tersangka dugaan tindak pidana ITE dan pen­cemaran nama baik pada 20 Juni 2022 untuk dimintai ke­terangan pada 24 Juni 2022, namun ada permohonan penundaan pemeriksaan NM pada 6 Juli 2022,” jelas Shinto.

Sampai di hari yang diten­tukan, Nikita Mirzani terny­ata belum memenuhi pang­gilan penyidik Polresta Serang Kota. ”NM tidak juga hadir di depan penyidik,” kata Shinto.

Baca Juga  Nikita Mirzani Ngarep Dinikahi di Makkah

Sementara itu, penyidik te­lah melakukan penggeledahan di kamar Nikita dan menyita satu unit iPad. ”Penyidik Sa­treskrim Polresta Serang Kota melakukan penggeleda­han untuk menyita alat buk­ti berupa HP dan device ter­kait lainnya yang berhubung­an dengan penyidikan perka­ra ITE dan pencemaran nama baik tersebut,” ujar Shinto.

Shinto mengatakan, peng­geledahan tersebut sudah sesuai tata cara dalam Hukum Acara Pidana. Peng­geledahan ini juga telah diberi izin oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 7 Juli 2022.

”Sesuai tata cara dalam Hukum Acara Pidana, penyidik te­lah mendapatkan izin dari PN Jaksel pada 7 Juli 2022 untuk melakukan penggeledahan dan penyitaan terhadap barang bukti tersebut,” kata Shinto.

Selain menyita iPad, dalam surat penggeledahan disebut­kan polisi juga akan menyita akun Instagram pribadi mi­liknya. ”Barang-barang atau surat tersebut adalah seba­gai berikut, satu unit iPad merek Apple type: warna silver dan satu akun Instagram atas nama nikitamirzani­mawardi_172,” ter­tulis dalam surat tanda peneri­maan pengge­ledahan, Ka­mis (14/7).

Baca Juga  Ciuman Nikita Mirzani Dan Nicholas Bikin Heboh

Surat tan­da peneri­maan peng­geledahan tersebut diterima langsung adik Nikita Mirzani, Lintang Fajar Gemuruh. Lin­tang memperlihatkan isi surat tersebut kepada awak media. Namun, dia tidak berkomen­tar terkait penggeledahan tersebut.

Sebagaimana diberitakan, Dito Mahendra melaporkan Nikita Mirzani ke Polresta Serang Kota pada 16 Mei 2022 atas dugaan pencemaran nama baik lewat media so­sial. Nikita dikenakan Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) atau Pasal 36 jo Pasal 51 ayat (2) UU ITE dan Pasal 311 KUHP.

Nikita Mirzani sendiri masih berkeyakinan bahwa dia be­lum jadi tersangka dalam laporan Dito Mahendra. Pa­dahal, Kejaksaan Agung Re­publik Indonesia menyatakan Nikita sudah jadi tersangka sejak 10 Juni 2022.

Baca Juga  Seni Grafis Theresia Agustina Lampaui Batas

Alih-alih mengikuti proses hukum, Nikita Mirzani malah menuding penyidik Polresta Serang Kota main mata dengan Dito Mahendra untuk me­menjarakannya. Ia menga­dukan hal itu ke Divisi Propam Polri pada 22 Juni 2022.

Laporan Dito Mahendra ke Nikita Mirzani terungkap usai penyidik Polresta Serang Kota mendatangi kediaman sang artis pada 15 Juni 2022. Mereka melakukan penjem­putan paksa karena Nikita tidak memenuhi panggilan meski sudah disurati secara patut. (dtk/sua/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.