Penyuluh Pertanian Curhat soal Nasib, Anggota Komisi IV Ravindra Siap Berjuang Bersama

by -

METROPOLITAN – Suasana keakraban dibalut canda ter­cipta saat pertemuan penyuluh pertanian dan peternakan di Kabupaten Bogor bersama anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ravindra Airlangga dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Wawan Hikal Kurdi di kawasan Sentul, Kecamatan Babakanmadang, Rabu (20/7).

Pertemuan yang diselingi makan siang bersama di atas satu meja itu terasa begitu lepas dan hangat. Pelbagai aspirasi pun terlontarkan tanpa adanya sekat antara masyarakat dengan wakilnya di parlemen tersebut. Ada sekitar 17 penyuluh yang ha­dir dan mengabdi hampir sepuluh tahun.

Koordinator Penyuluh Ka­bupaten Bogor Haerul Fajar mengatakan, di Kabupaten Bogor ada sekitar 44 penyuluh. Mereka banyak yang menany­akan nasibnya terkait wacana pemerintah yang akan men­ghapuskan tenaga honorer.

Baca Juga  Ravindra, Fadli Zon dan Adian Ungguli Tegar Beriman

”Satu orang penyuluh itu bisa membina tiga desa dengan lebih dari 2.000 petani. Ba­nyak dari penyuluh bimbang dan bingung terkait rencana penghapusan tenaga honorer tersebut,” ujarnya.

Haerul mengungkapkan, para penyuluh ingin bisa di­angkat menjadi tenaga Pega­wai Pemerintah dengan Per­janjian Kerja (PPPK) di 2023.

Apalagi, penyuluh ini be­kerja tanpa mengenal waktu untuk mendampingi petani maupun peternak.

Menurutnya, seorang te­naga penyuluh itu harus efek­tif dan efisien. Untuk Kabu­paten Bogor ini banyak THL yang tugasnya jauh dari ru­mahnya hingga berbeda ke­camatan. Hal itu pun dianggap tidak efisien dalam hal waktu dan jarak dalam melakukan pendampingan kepada para petani.

”Ada yang tinggal di Dra­maga, tapi tugasnya di Jong­gol. Itu kan sangat tidak efisien,” bebernya.

Baca Juga  Membantu Korban Bencana, Ravindra Didoakan Waga jadi Pemimpin Bangsa

Mendengar hal itu, Wanhai, sapaan karibnya, meminta teman-teman segera mem­buat surat. Pihaknya juga akan saya prioritaskan langsung untuk memajukan pertanian dan peternakan.

”Suratnya tunjukkan langs­ung ke saya, dan ini akan se­gera ditindaklanjuti,” tegas Wanhai.

Menaggapi keluh kesah para penyuluh tersebut, Ravindra Airlangga spontan mengaku akan menyampaikan aspirasi para penyuluh tersebut, seba­gai wakil rakyat yang berasal dari Dapil V Jawa Barat.

Curahan hati para tenaga penyuluh itu akan ditinda­klanjutinya dengan berkoor­dinasi bersama Komisi II di DPR RI, untuk kemudian dikomunikasikan ke kemen­terian terkait.

”Saya akan berupaya mem­bantu mendorong aspirasi para tenaga penyuluh perta­nian ini. Hal ini penting dalam proses mewujudkan swasem­bada pangan untuk bangsa ini,” tandas Ravindra. (eka/ run)

Baca Juga  Terima Kunker, Adri Latif Paparkan Pembentukan PDPPJ

Leave a Reply

Your email address will not be published.