Penyuluh Pertanian Curhat Soal Nasib, Anggota Komisi IV Ravindra Siap Berjuang Bersama

by -

Metropolitan – Suasana keakraban dibalut canda tercipta saat pertemuan penyuluh pertanian dan peternakan di Kabupaten Bogor bersama Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Airlangga dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Wawan Hikal Kurdi di kawasan Sentul, Kecamatan Babakan Madang, (20/07/2022).

Pertemuan yang diselingi makan siang bersama diatas satu meja itu terasa begitu lepas dan hangat. Pelbagai aspirasi pun terlontarkan tanpa adanya sekat antara masyarakat dengan wakilnya di parlemen tersebut.

Ada sekitar 17 penyuluh yang hadir dan mengabdi hampir 10 tahun.

Koordinator Penyuluh Kab. Bogor, Haerul Fajar mengatakan, di Kabupaten Bogor ada sekitar 44 penyuluh. Mereka banyak yang menanyakan nasibnya terkait wacana pemerintah yang akan menghapuskan tenaga honorer.
“Satu orang penyuluh itu bisa membina tiga desa dengan lebih dari 2000 petani. Banyak dari penyuluh bimbang dan bingung terkait rencana penghapusan tenaga honorer tersebut,” ujarnya.

Baca Juga  Pinjam Mobil Tapi Nggak Dibalikin, Pelaku Diringkus Polisi

Haerul mengungkapkan, para penyuluh ingin bisa diangkat menjadi tenaga Pegawai Pemerintah Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di 2023.

Apalagi,  penyuluh ini bekerja tanpa mengenal waktu untuk mendampingi petani maupun peternak.

Menurutnya, seorang tenaga penyuluh itu harus efektif dan efisien, untuk Kabupaten Bogor ini banyak THL yang tugasnya jauh dari rumahnya hingga berbeda kecamatan. Hal itu pun dianggap tidak efisien dalam hal waktu dan jarak dalam melakukan pendampingan kepada para petani.

“Ada yang tinggal di Dramaga, tapi tugasnya di Jonggol. Itu kan sangat tidak efisien,” bebernya.

Mendengar hal ini, Wanhai sapaan karibnya meminta teman-teman untuk segera membuat surat dan ini akan saya prioritaskan langsung untuk memajukan pertanian dan peternakan.

Baca Juga  Penyuluh Pertanian Curhat soal Nasib, Anggota Komisi IV Ravindra Siap Berjuang Bersama

“Suratnya tunjukan langsung ke saya, dan ini akan segera ditindaklanjuti,” tegas Wanhai.

Menaggapi keluh kesah para penyuluh tersebut, Ravindra Airlangga spontan mengaku akan menyampaikan aspirasi para penyuluh tersebut. Sebagai wakil rakyat yang berasal dari Dapil V Jawa Barat. Curahan hati para tenaga penyuluh ini akan ditindaklanjutinnya dengan berkordinasi bersama komisi II di DPR RI, untuk kemudian dikomunikasikan ke kementerian terkait.

“Saya akan berupaya membantu mendorong aspirasi para tenaga penyuluh pertanian ini. Hal ini penting dalam proses mewujudkan swasembada pangan untuk bangsa ini,” tegas Ravindra.(eka)

Leave a Reply

Your email address will not be published.