Peserta PKU MUI Kabupaten Bogor Digembleng Bekal Jadi Pemimpin yang Mumpuni

by -

METROPOLITAN.id – Saat menjadi narasumber dalam seminar Kepemimpinan bidang Pendidikan yang diikuti peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI Kabupaten Bogor angkatan XVI di Wisma Dharmais, Sukaraja, Sabtu (2/7), Associate Prof Made Saihu mengatakan bahwa pemimpin masa depan adalah pemimpin yang memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni.

“Calon pemimpin harus memiliki kemampuan kreatif dalam berfikir, berkomunikasi yang baik dan berkolaborasi,” katanya.

Menurutnya, seorang pemimpin adalah produk pendidikan. Maka, kata dia, jadilah pemimpin yang memiliki pendidikan yang baik.

“Pemimpin yang terdidik tidak hanya berbekal pengetahuan dan wawasan, namun memiliki kemampuan untuk bersinergi dan berkolaborasi,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua MUI bidang Pendidikan dan Kaderisasi, Saepudin Muhtar, mengatakan bahwa banyak teori yang membicarakan tentang lahirnya pemimpin.

Baca Juga  Bejat! Pria di Tangerang Nekat Gagahi Putri Kandung Berusia 16 Tahun, Alasannya Bikin Geram

Namun, teori yang relevan saat ini bahwa lahirnya seorang pemimpin merupakan hasil tempaan, didikan dan hasil dari proses.

“Pemimpin yang sukses terlahir bukan hanya karena genetik ataupun bakat, namun melalui proses panjang. Sekalipun orang tua kita seorang petani, tapi saat kita memiliki kemauan dan terus berproses, maka akan menjadi seorang pemimpin,” ungkap Gus Udin, sapaan karibnya.

Pria yang juga Dosen Universitas Djuanda Bogor ini berharap para alumni PKU angkatan XVI ini nantinya akan menjadi pemimpin yang memiliki peran dan kontribusi dalam setiap bidangnya masing-masing. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.