PPBD SD dan SMP di Kabupaten Bogor Besok Dimulai

by -
Ilustrasi

METROPOLITAN.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor akan mulai menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang TK Negeri, SD Negeri dan SMP Negeri, pada 4 hingga 8 Juli.

Kepala Disdik Kabupaten Bogor Juanda Dimansyah mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihaknya dengan membentuk kepanitian di tingkat sekolah hingga tingkat dinas. Dalam PPDB kali ini pin tetap sama dengan sebelumnya yakni menggunakan sistem zonasi, afirmasi, prestasi dan domisili.

“Untuk jalur zonasi dijenjang SD paling sedikit 70 persen dari daya tampung sekolah. Dan jenjang SMP paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolahnya,” kata Juanda.

Sedangkan untuk Jalur Afirmasi, tiap satuan pendidikan paling sedikit menerima 15 persen dari daya tampung sekolah. Dan untuk perpindahan orang tua wali paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah. Sisanya untuk jalur pestasi diambil dari sisa kuota jika masih ada, dengan tetap memperhatikan siswa yang berprestasi.

Baca Juga  Gerindra Klaim Gerakan #2019 Ganti Presiden Masif di Bogor

“Untuk mempermudah masyarakat, PPDB dilakukan secara online. Tapi jika ada orang tua siswa yang kesulitan untuk mengupload berkas-berkas yang dibutuhkan diperkenankan datang ke sekolah yang dituju dan nantinya akan dibantu oleh petugas,” paparnya.

Juanda juga menjelaskan, untuk kuota dari masing-masing sekolah pun berbeda tergantung daya tampung sekolah. Seperti pada jenjang SMP setiap sekolah maksimal memiliki 11 rombongan belajar (Rombel).

“Untuk kuoata keseluruhannya belum tau kita, tergangung rombel dari setiap masing-masing sekolah. Karena daya tampung disetiap sekolah pun berbeda,” kata dia.

Sementara itu, data yang dikutip dari laman dapo.kemendikbud.id, Kabupaten Bogor memiliki ratusan sekolah negeri. Diantaranya satu TK Negeri, 1.537 SD Negeri dan 88 SMP Negeri. (mam)

Baca Juga  Rezim Erdogan Kembali Tangkap Ribuan Pendukung Gulen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *