Sapa Warga Lewat Boling, Plt Bupati Salut Lihat Potensi dan Pembangunan di Gunungsindur

by -

METROPOLITAN.id – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama jajarannya kembali menyapa masyarakat lewat kegiatan Saba Desa Rebo Keliling (Boling), Rabu (27/7). Kali ini, Kecamatan Gunungsindur yang menjadi lokasi Boling kedua usai sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Selain mendengar aspirasi langsung, Iwan beserta jajarannya meninjau sejumlah pembangunan yang ada di Gunungsindur, khususnya hasil pembangunan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di Desa Curug, Pengasinan, Cidokom dan Cibinong.

Iwan juga menyempatkan meninjau potensi UMKM yang ada di wilayah Utara Kabupaten Bogor tersebut.

Di Desa Curug, Iwan meninjau budidaya ikan hias, tanaman hias, UMKM keripik, hingga PAUD Nurul Amal.

Selanjutnya, Iwan melanjutkan perjalanan ke Desa Pengasinan untuk meninjau langsung pengelolaan bank sampah dan budidaya maggot.

Setelah itu, Iwan meninjau pembangunan ruang kelas di SDN Cidokom 2. Iwan mengakhiri perjalanannya di Desa Cibinong dengan meninjau pemeran UMKM dan festival rakyat serta  menandatangi dan prasasti Desa Cibinong dan Desa Jampang.

Baca Juga  Disdik Majalengka Belajar Pendidikan Antikorupsi di Bogor

“Ternyata potensi UMKM tanaman hias dan ikan hias tidak hanya ada di wilayah Parung saja, tapi di Gunungsindur juga ada, variatif jenisnya, ada Ikan Koi, ikan Neon. Di pertanian juga ada bunga anggrek dan lainnya. Tadi juga saya lihat ada beragam produk olahan seperti peyeum, keripik singkong dan produk andalan Gunungsindur yang cukup terkenal yaitu kasur dam tahunya,” ujar Iwan.

Di lokasi festival rakyat, Pemkab Bogor juga mengerahkan seluruh jajarannya untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan. Beberapa gerai pelayanan yang dibawa seperti pengurusan akta kelahiran, kartu identitas anak (KIA) dan pelayanan kependudulan lainnya.

Masyarakat juga bisa membayar pajak di lokasi festival rakyat. Ada stand pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) hingga Samsat keliling untuk pajak kendaraan bermotor.

Baca Juga  Di Pilgub Jabar Golkar Bentuk Pro Dm Dan Sahadat

Pemkab Bogor juga menyediakan pelayanan kesehatan di lokasi. Seperti vaksinasi Covid-19, pemeriksaan kesehatan hingga KB.

“Boling ini kami sengaja mengerahkan, membawa seluruh potensi yang kami punya. Hari ini pelayanan pajak, kesehatan, kependudukan dan lainnya. Silakan masyarakat memanfaatkannya. Mudah-mudahan kehadiran kami Pemkab Bogor di Gunungsindur bisa menjadi manfaat dan memberi informasi soal kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan Pemkab Bogor,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, Iwan mengaku salut dengan pembangunan di Gunungsindur. Menurutnya, jalan-jalannya sudah dalam kondisi bagus, baik jalan desa, kabupaten, maupun provinsi. Bahkan, ia menyebut Gunungsindur masuk 5 besar kecamatan dari total 40-kecamatan se-Kabupaten Bogor yang pertumbuhannya baik.

“Infrstruktur yang lain juga alhamdulillah. Memang masih banyak yang harus kita bantu, termasuk puskesmas, pustu, sekolah. Insyaallah bisa terealisasi tahun depan,” harapnya.

Dengan kondisi ini, Iwan optimis pertumbuhan di Gunungsindur akan berjalan cepat. Terlebih, wilayah ini juga menjadi etalase Kabupaten Bogor karena berbatasan langsung dengan Tangerang.

Baca Juga  Wabup Guyur Masjid di Kemang Rp50 Juta

Terakhir, Iwan berpesan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan waspada lantaran Covid-19 masih ada.

“Gunungsindur saya optimis peningkatan ekonominya lebih pesat, lebih cepat dan masyarakatnya, sumberdayanya akan lebih baik,” tandasnya.

Di tempat yang sama, <span;>Camat Gunungsindur, Dace Haetomi menjelaskan, wilayahnya memang memiliki banyak potensi seperti tanaman hias dan ikan hias yang sudah menembus pasar mancanegara. Wilayahnya juga terkenal dengan olahan berbahan dasar singkong, seperti keripik singkong.

“Khusus di Desa Pabuaran juga jadi salah satu desa percontohan kerukunan tingkat Jawa Barat dan beberapa waktu lalu ditinjau langsung Kementerian Agama untuk memonitor langsung kegiatan kerukunan,” ungkapnya.

Sementara terkait Samisade, ia mengaku realisasinya sudah berjalan cukup baik. Dace sendiri mengaku siap melanjutkan program Samisade tahun 2022 di wilayahnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.