Selain Ketum, PAN Punya Jagoan Capres Lainnya, Ada Nama Ridwan Kamil dan Erick Thohir

by -

METROPOLITAN – Partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mulai menawarkan nama calon presiden untuk dimu­syawarahkan dalam koalisi. Partai Amanat Nasional (PAN), misalnya. Selain menawarkan Ketua Umumnya, Zulkifli Ha­san, kader-kadernya juga punya jagoan lain dari ka­langan eksternal.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, membe­narkan ada dua tokoh ekster­nal yang disebut kader PAN di berbagai wilayah untuk diajukan sebagai capres-ca­wapres dalam KIB. Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sejauh ini, dua nama itu yang terd­engar sebagai aspirasi kader PAN. Viva tak menutup kemun­gkinan, ada tokoh lain yang akan ditawarkan saat rembu­kan bareng partai KIB lainnya.

“Pada intinya, setiap ketua umum partai di KIB memi­liki peluang untuk dicalonkan dari internal. Nanti akan di­tentukan dan ditetapkan ber­dasarkan musyawarah mufa­kat, tidak voting,” kata Viva, kemarin.

Ketua DPP PAN, Saleh Dau­lay, menambahkan, partainya saat ini sedang menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) untuk menjaring tokoh capres-cawapres yang diusulkan kader. “Targetnya mencari calon dari bawah,” ucapnya.

Baca Juga  Ridwan Kamil Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin China, ‘Tunduh Bae’, Makan Lebih Banyak

Disebutkan, Rakerwil sudah berjalan 60 persen. Hasilnya akan dibawa untuk dikeru­cutkan ke Rapat Kerja Nasio­nal (Rakernas). “Agustus kita Rakernas. Kita akan pilih be­berapa nama yang paling populer dan akan dijadikan capres-cawapres versi PAN yang akan kita perjuangkan di KIB,” tuturnya.

Menurutnya, nama Erick Thohir belum menjadi pilihan final PAN. Sebab, di masa penjaringan tokoh, siapa pun bisa masuk. “Erick Thohir sah-sah saja untuk diusung PAN. Makanya Rakerwil ini penting menjaring nama-nama,” tuturnya.

Serupa dengan PAN, PPP juga tengah menyerap aspi­rasi daerah melalui Forum Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil). Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, menyatakan, sejumlah nama tokoh diusul­kan dalam Muskerwil sesuai daerahnya.

Baca Juga  BPSK Harus Perbanyak Sosialisasi

Di Jawa Barat diusulkan nama Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. Di Jawa Tengah ada Ganjar Pranowo. Di Jawa Timur, Khofifah Indar Para­wansa. “Memang variatif ter­gantung daerahnya,” ujar pria yang akrab disapa Awiek ini, kemarin. Dengan demikian, Partai Kabah belum memu­tuskan siapa yang didorong menjadi capres-cawapres. Nama akan mengerucut pada Rapimnas yang bakal digelar akhir tahun.

CEO & Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC), Rio Prayogo, menilai, diajukannya nama-nama eksternal dalam KIB, karena memang ketua umum ketiga partai poros ini elektablitasnya masih rendah.

“Sekalipun Airlangga seba­gai ketua umum partai terbe­sar poros koalisi ini. Survei PRC menunjukkan, Airlangga, Suharso maupun Zulhas, ba­hkan untuk posisi cawapres saja, belum mumpuni,” kata Rio, kemarin.

Yang patut dipertanyakan, nama-nama kader eksternal yang diajukan PAN levelnya masih cawapres. Seperti Erick Thohir dan Ridwan Kamil. Artinya, untuk capres, partai-partai di KIB masih belum ada pilihan. “Bahwa ada Anies atau Ganjar disebut partai KIB lain seperti PPP, nama-nama itu juga capres eksternal poros lain,” tuturnya.

Baca Juga  Irni Siap Bawa Harapan Baru

Dikatakan, untuk cawapres ada sejumlah nama yang elek­tabilitasnya tertinggi dalam radar survei. Seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil dan Khofifah Indar Pa­rawansa.

Menurutnya, tokoh yang punya peluang diusung se­bagai cawapres KIB, salah satunya Erick Thohir. Kelebi­han mantan bos klub sepak bola Italia, Inter Milan itu memiliki resource yang me­madai. Komunikasi dan so­sialisasinya juga gencar dan massif.

“Siapa pun Capres KIB, Er­ick paling mungkin dipilih. Apalagi, dia punya back up Nahdlatul Ulama sekarang. Lebih mudah Erick masuk ketimbang Sandiaga yang masih jadi kader Partai Gerindra,” tuturnya. (rm/feb/ py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *