TPPAS Nambo Nggak Layak Beroperasi, Pemkab Bogor Bakal Kirim Surat ke Ridwan Kamil

by -
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Endah Nurmayanti

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mengirim surat kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat ihwal Tempat Pengelolaan dan Pemerosesan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo. Sebab dari kajian yang dilakukan oleh Pemkab Bogor, TPPAS Nambo dianggap belum layak untuk beroperasi.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Endah Nurmayanti mengatakan, dari pengamatan yang dilakukannya masih banyak kekurangan dari TPPAS Nambo. Seperti sarana dan prasana yang ada dilingkungan TPPAS Nambo, begitu juga dengan akses menuju TPPAS yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Seperti akses jalannya menuju TPPAS Nambo kondisinya sangat buruk karena pada retak-retak, ditambah pada saat kami kesana tidak melihat satu mesin pun yang siap untuk beroperasi,” kata Endah.

Baca Juga  Ini Sikap MUI Bogor Atas Serangan Israel ke Palestina

Dengan kondisi tersebut, lanjut Endah, Pemkab Bogor menolak jika TPPAS Nambo beroperasi. Sebab jika TPPAS Nambo dipaksakan beroperasi maka akan ada dampak negatif yang terjadi. Karena tidak ada satupun mesin yang siap mengolah sampah yang sema telah direncanakan oleh Pemprov Jabar.

“Kita sebagai tuan rumah menolak pengoperasian TPPAS Nambo. Kakau hanya buang disitu sama saja dengan TPAS Galuga. Nanti Plt Bupati yang akan berkirim surat ke Pemprov soal penolakan tersebut,” paparnya.

Dengan kondisi tersebut, Endah mengungkapkan jika DLH Kabupaten Bogor tidak menganggarkan untuk tipping fee, meskipun Pemkab Bogor mendapatkan jatah membuang sampah di TPPAS Nambo yakni 100 sampai 500 ton perhari. Sebab Endah mengaku pesimis jika TPPS Nambo dapat selesai dalam waktu dekat.

Baca Juga  Meski Belum dapat Restu Jabar, Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Tetap Realisasikan Target Vaksinasi Hitungan BPS

“Kita tidak anggarkan untuk tipping fee untuk tahun ini atau tahun depan, karena melihat kondisi TPPAS saja seperti itu,” tegas Endah.

Sebelumnya, Pemprov Jabar telah menjanjikan bahwa TPPAS Nambo dapat digunakan pertengahan Februari atau awal Maret 2022. Namun hingga saat ini TPPAS Nambo belum bisa dioperasikan. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.