YouTuber Bisa Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

by -

METROPOLITAN – Kemen­terian Pendidikan, Kebuday­aan, Riset dan Teknologi (Ke­mendikbudristek) menyedi­akan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) non-degree. Beasiswa nongelar ini diperun­tukkan bagi pelajar kelas 11 SMA. Pelajar yang lolos se­leksi beasiswa akan mendapat pembinaan untuk bisa kuliah S1 di luar negeri. Mereka yang mendaftar harus memiliki prestasi.

Wakil Ketua Tim BIM dari Pusat Prestasi Nasional (Pus­presnas), Hadid Hainul Lafif, menuturkan, prestasi yang dimiliki pelamar tak harus berkaitan dengan ilmu peng­etahuan, olahraga atau seni. “Seorang YouTuber atau pem­buat konten dipersilakan mendaftar. Kita coba lihat segala jenis prestasi salah satunya YouTuber berpresta­si ini. Yang kita maksudkan adalah YouTuber yang dapat prestasi dari YouTube, ada golden atau silver button,” kata Hadid dikutip dari siaran Instagram @beasiswaosc, Selasa (12/7).

Baca Juga  Istri Tewas Di gigit Anjing Youtuber, Suami Lapor Polisi

Namun, Hadid menyebut YouTuber yang belum memi­liki golden atau silver button diperbolehkan mendaftar. Pihaknya bakal memper­timbangkan kelayakan seorang YouTuber mendapat beasiswa. ”Nanti kita pertimbangkan prestasinya seperti apa dengan dia membuat YouTube itu,” tuturnya.

Hadid menyebut konten yang dibuat mesti memiliki dampak yang baik untuk masyarakat. Konten yang dihasilkan bukan yang menyinggung Suku, Agama, Ras, Antargolongan (SARA). ”Kontennya yang jadi prestpektif kita yang mem­bawa dampak kepada banyak orang. Yang kita pahami pre­stasi itu bisa memberi dampak kepada sekitar,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemendikbu­ristek meluncurkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Bea­siswa ini merupakan salah satu program dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Program BIM menyeleksi pe­serta dari prestasi. Mulai dari prestasi bidang sains, teknologi dan inovasi, seni, bahasa, literasi, vokasi, kewi­rausahaan, olahraga dan kesehatan jasmani. (med/els/ py)

Baca Juga  Minat Jadi Youtuber Bareng Bilqis

Leave a Reply

Your email address will not be published.