Belum Sebulan Dikerjakan, DPRD Kota Bogor Sidak Proyek RSUD, Ini Hasilnya

by -

METROPOLITAN.id – Sejumlah anggota DPRD Kota Bogor yang tergabung dalam Komisi III melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke proyek pembangunan gedung RSUD Kota Bogor pada Kamis (11/8).

Rombongan yang dikomandoi Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor, Iwan Iswanto itu mengecek kegiatan pembangunan gedung Blok 1 dan 4 RSUD Kota Bogor yang baru berjalan kurang dari sebulan, sejak pelaksanaan groundbreaking yang dilakukan langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim pada Rabu (13/7) lalu.

Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor, Iwan Iswanto menuturkan, kegiatan sidak ini merupakan bagian dari pengawasan terkait tindak lanjut hasil Rapat Kerja (Raker) yang dilaksanakan dengan RSUD Kota Bogor.

“Kita ke lapangan (untuk mengetahui) sejauh mana progres yang ada,” kata Iwan kepada wartawan di RSUD Kota Bogor, Kamis (11/8).

Menurut Iwan, dalam sidak ini ada beberapa hal yang menjadi catatan bagi pihaknya. Di mana, salah satunya terkait peran serta pemberdayaan masyarakat yang bekerja dalam proyek pembangunan ini.

Baca Juga  Kota Bogor PPKM Level 1, Ini Sektor yang Dilonggarkan

“Saya kira secara regulasi sudah diatur. Jadi presentasenya sudah ada, tinggal sejauh mana ini kita salah satu rekomendasikan pada konsultan untuk melibatkan warga Kota Bogor,” ucapnya.

“Tapi secara umum tadi disampaikan, jika dilihat sudah berjalan sebagaimana mestinya. Dan eksisting tadi dari pelaksana menyampaikan ada sekitar 30-40 orang. Kerja sampai malam juga,” sambung dia.

Meski begitu, pihaknya tetap menitikberatkan terhadap pelaksana kegiatan pembangunan untuk memperhatikan cuaca. Sebab, Kota Bogor merupakan kota hujan.

“Kita menitikberatkan karena kita kota hujan, kita rekomendasikan salah satunya untuk bisa percepatan, man power dan logistik,” imbuhnya.

“Harapan kita percepatan agar jangan sampai di akhir waktu, karena pekerjaan finishing ini kan kerjaan yang butuh keterampilan. Kalau ini kan masih kasar. Tapi secara umum kita lihat progressnya bagus,” lanjut dia.

Baca Juga  Iuran BPJS Kelas III nggak Jadi Naik

Memastikan pembangunan berjalan sesuai waktu yang sudah direncanakan, ditambahkan Iwan, pihaknya akan kembali melakukan pengawasan ke proyek pembangunan gedung RSUD Kota Bogor ini.

“Kan melihat ini awal, kaitan dengan percepatan ke lapangan, akan ada beberapa lanjutan yang kita evaluasi tadi kita sampaikan. Artinya pertengahan atau 30 hari ke depan kita bisa lihat pengawasan lagi,” ungkapnya.

“Tapi yang paling penting kenapa kita ke lapangan sidak ini, bukan sebatas pengawasan. Tapi berbicara percepatan, biar bagaimanapun warga Kota Bogor dengan pembangunan ini berterimakasih. Tapi kan persiapan dulu, artinya output dari pembangunan ini mudah-mudahan bisa menambah keterbatasan ruang kelas 3,” ujar Iwan.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir menuturkan bahwa progres pembangunan gedung Blok 1 dan 4 RSUD Kota Bogor masih sesuai waktu dan juga spesifikasi.

Baca Juga  Aktivis Lingkungan Kecam Dugaan Perusakan Aliran Sungai Cisadane

“Kita target ada dua. Untuk awal defiasi masih positif. Karena memang kami akan menekankan beberapa hal yang perlu dicatat, diantaranya penambahan tenaga kerja, dan faktor cuaca,” katanya.

Dalam hal ini, pembangunan gedung Blok 1 RSUD ditargetkan bisa selesai (13/12), dan blok 4 bisa selesai pada (18/12).

Pria yang menjabat sebagai Ketua IDI Kota Bogor juga berharap, kedua proyek bisa berjalan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

“Mudah mudahan kita bisa kejar sebelumnya. Karena saya tidak ingin pengalaman dulu saat pembangunan blok 3 (yang terkesan) terburu-buru,” ucapnya.

Hal itu mengingat untuk membangun rumah sakit berbeda dengan membangun gedung yang lain. Seperti harus memperhatikan instalasi listrik, gas medis, limbah, dan sebagainya.

“Namun perbedaan itu mencolok deviasi. Kalo blok I positif 4 kalau blok I deviasi 0,02. Jadi jangan sampai negatif. Saya pengennya dikerjakan dengan sungguh-sungguh,” tandasnya. (rez) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.