Daftar KPU, Berkas 22 Parpol Sudah Komplet

by -

METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) me­nyatakan telah menerima pendaftaran 22 partai politik (parpol) sebagai peserta Pe­milu Serentak 2024 hingga Kamis (11/8). Sebanyak 17 partai politik dokumen pendaf­tarannya sudah dinyatakan lengkap dengan status terdaf­tar.

“Yang sudah mendaftar ada 22 parpol dan dari 22 itu yang dokumen atau dokumen per­syaratannya dinyatakan len­gkap oleh KPU RI. Sementara yang sudah dinyatakan sta­tusnya didaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ada 17 parpol,” kata Ketua KPU, Ha­syim Asy’ari, Kamis (11/8).

Hasyim menambahkan, KPU mulai melakukan proses ve­rifikasi administrasi terhadap dokumen dan berkas pendaf­taran dari 17 parpol tersebut. Verifikasi administrasi dila­kukan hingga 11 September 2022 dan hasilnya akan disam­paikan ke parpol pada 14 September 2022.

Sementara lima parpol do­kumen pendaftarannya belum lengkap dan harus dilengka­pi hingga Minggu (14/8) pukul 23:59 WIB. Jika dokumen pendaftarannya tidak bisa dilengkapi hingga batas akhir pendaftaran, maka partai ter­sebut dinyatakan tidak ter­daftar sebagai peserta Pe­milu 2024. “Lima parpol masih melengkapi dokumen persyaratan,” tegasnya.

Baca Juga  Yayasan Vinus Garap Pemberdayaan Masyarakat Bareng IPB University

Dalam pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024, terdapat tiga kategorisasi yang dilaku­kan KPU, yakni parpol pe­serta Pemilu 2019 yang lolos Parliamentary Threshold (PT) alias yang mempunyai kursi di DPR, partai politik peserta Pemilu 2019 yang tidak lolos PT atau tidak punya kursi di DPR RI dan partai baru.

Hal ini berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55 Tahun 2020. Pada kategori satu, yakni partai politik pe­serta Pemilu 2019 yang lolos PT atau punya kursi di DPR RI harus mendaftar dan dilakukan verifikasi administrasi.

Sementara pada kategori dua dan tiga, yakni partai politik peserta Pemilu 2019 yang ti­dak punya kursi DPR RI atau tidak lolos PT dan partai baru itu harus mendaftar untuk dilakukan verifikasi adminis­trasi dan dilanjutkan dengan verifikasi faktual.

Baca Juga  Perlindungan Anak dari Kekerasan Seksual

Dalam memenuhi syarat pendaftaran, seluruh berkas yang diserahkan ke KPU harus lengkap agar memenuhi sya­rat administrasi. Selain itu, di dokumen tersebut juga ter­dapat tanda tangan ketua umum dan sekretaris jende­ral dari masing-masing partai politik.

Berikut ini adalah 22 parpol yang sudah mendaftar pe­serta Pemilu 2024 ke KPU;

  1. 17 partai yang dokumen­nya dinyatakan lengkap:
  2. Partai Demokrasi Indo­nesia Perjuangan (PDIP)
  3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  4. Partai Persatuan Indone­sia (Perindo)
  5. Nasdem
  6. Partai Bulan Bintang (PBB)
  7. Partai Keadilan dan Per­satuan (PKP)

7.Partai Demokrat

  1. Partai Kebangkitan Nu­santara (PKN)
  2. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) 10. Partai Gelora
  3. Partai Hanura
  4. Partai Gerakan Indone­sia Raya (Gerindra)
  5. Partai Kebangkitan Bang­sa (PKB)
  6. Partai Solidaritas Indo­nesia (PSI)
  7. Partai Golkar
  8. Partai Amanat Nasional (PAN)
  9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  10. 5 parpol yang dokumen belum lengkap:
  11. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)
  12. Partai Reformasi
  13. Partai Negeri Daulat In­donesia (Pandai)
  14. Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI)
  15. Partai Republikku Indo­nesia (jp/feb/py)
Baca Juga  Wah Modifikasi Kreatif Sushi Yang Menggugah Selera Selain “Fitsa Hats”

Leave a Reply

Your email address will not be published.