Damkar Bogor Evakuasi Kerbau Tercebur Sumur, Alat Berat Ikut Dikerahkan

by -

METROPOLITAN.id – Seekor kerbau milik warga Ciseeng, Kabupaten Bogor tercebur ke dalam sumur. Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor pun turun tangan hingga mengerahkan alat berat untuk melakukan penyelamatan.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Raya Jampang KM 7 Karihkil, Desa Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Jumat (5/8).

Saat itu, salah seorang warga sedang mengembala kerbau. Namun setibanya di kandang, ia melihat jumlah kerbaunya berkurang satu.

Warga tersebut lalu mencari keberadaan kerbaunya yang hilang. Ternyata, kerbau yang dicarinya tercebur ke dalam sumur tua dengan kedalaman sekira 15 meter

“Jadi salah seorang dari pegawai saat itu sedang menggembalakan kerbau. Setibanya di kandang, ia melihat kerbaunya kurang satu. Akhirnya dia berinisiatif mencari keberadaan kerbaunya dan ternyata sudah terjatuh ke dalam sumur tua yang sudah tertimbun rumput,” ujar Anggota Regu 3 Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Nuriyadi, Sabtu (6/8).

Baca Juga  Pemkab Bogor Siapkan Skema Zonasi Sampah TPPAS Nambo Kejauhan

Karena dirasa tak memungkinkan melakukan evakuasi seorang diri, warga tersebut menghubungi petugas damkar. Tim Rescue Damkar Kabupaten Bogor pun meluncur untuk melakukan penyelamatan.

“Keadaan kerbau saat itu sudah terlihat lemas. Dikarenakan sudah berada di dalam sumur yang sempit sudah beberapa jam,” ungkapnya.

Evakuasi dimulai sekira pukul 14.30 WIB. Petugas menggunakan tripod, helm, karmantel, senter, sling, hingga peralatan mounteneering.

Bahkan, alat berat yakni ekskavator dikerahkan untuk membantu proses penyelamatan. Evakuasi berjalan selama sekira dua jam.

Sayangnya, kerbau tersebut tak terselamatkan karena terperosok masuk ke sumur yang sempit.

“Setelah dilakukan penanganan oleh tim dan dibantu alat berat, kondisi kerbau sudah terperosok masuk ke dalam sumur yang sempit. Sehingga kerbau tersebut sudah tidak bisa bergerak dan terendam oleh air. Kondisi kerbau tsb sudah tidak bisa tertolong,” tandasnya. (fin)

Baca Juga  Petani Masih Gunakan Kerbau Untuk Bajak Lahan

Leave a Reply

Your email address will not be published.