Dishub Usung Konsep Bersusun untuk Penataan Terminal dan Stasiun Bojonggede

by -
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridho

METROPOLITAN.id – Konsep penataan terminal Bojonggede terus dimatangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Bahkan Dinas Perhubungan (Dishub) membuat konsep bersusun dalam pembangunan Skybridge yang rencananya akan dibangun oleh pemerintah pusat tersebut.

“Rencananya ada 4 lantai ya untuk menampung roda dua dan roda empat,” kata Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Agus Ridho.

Menurutnya, rencana pembangunan terminal bersusun itu menjadi salah satu solusi untuk membenahi kesemrawutan yang selama ini terjadi di kawasan Stasiun Bojonggede.

Namun belum lama ini, menurut Agus pembangunan Terminal Bojonggede yang sudah sempat masuk pada rencana pengerjaan itu ditinggalkan setelah investor atau pihak swasta yang akan membangun mengurungkan niatnya.

“Untuk terminal, kemarin sebetulnya sudah ada swasta yang mau bangun tapi tidak jadi. Sehingga dalam hal ini kami masih usahakan supaya penataan terminal bisa dilakukan,” kata Agus.

Baca Juga  Wow Viral!!Turis Rusia Cekcok dengan Warga Gara-gara Senggolan Saat Joget

“(Investor) siapa saja boleh, apalagi pembangunan ini kan rencananya besar ya,” sambung dia.

Sekedar diketahui, dua pembangunan Sky Bridge dan Terminal Bojonggede itu merupakan rencana besar yang dilakukan pemerintah pusat dan juga Pemkab Bogor.

Untuk sky bridge, pusat menargetkan jika pembangunan itu rampung pada Oktober 2022.

Pembangunan sky bridge di Bojonggede tersebut dilakukan terhitung akhir Mei 2022 usai Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyelesaikan penandatanganan kontrak kerja bersama pihak ketiga pada 19 April lalu.

Untuk menyelesaikan itu, BPTJ menganggarkan sekitar Rp16,5 miliar dalam anggaran Tahun 2022.

Direktur Prasarana BPTJ, Jumardi mengatakan, proses pengerjaan pertama dimulai pada pondasi yang telah berjalan dengan progres sekitar 7 persen, terhitung akhir Mei 2022.

Baca Juga  Sungguh Kejam! Sebut Penusukan Wiranto Rekayasa

“Dengan kerjasama yang sudah berjalan baik selama ini, baik dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dan juga dukungan masyarakat setempat, saya berharap semua proses pekerjaan darat berjalan dengan lancar,” kata dia.

Menurutnya, pekerjaan fisik dapat segera dimulai tak lepas dari peran Pemkab Bogor yang telah menyelesaikan pembebasan lahan. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *