Dorong Samisade Bisa Dilaunching Pertengahan Agustus

by -

METROPOLITAN.id – Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) belum juga bisa dicairkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih menunggu revisi Peraturan Bupati (Perbup) bantuan keuangan desa tersebut dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah mengaku pihaknya terus mendorong agar revisi tersebut bisa segera selesai.

Renaldi berharap, revisi perbup tersebut keluar Agustus ini. Sehingga, pertengahan Agustus nanti program Samisade sudah bisa diluncurkan.

“Kita menunggu informasi Kemendagri, mudah-mudahan pertengahan Agustus ini selesai. Jadi pertengahan sudah bisa dilaunching,” ujar Renaldi, Kamis (4/8).

Menurutnya, ada beberapa poin penting yang dimasukkan dalam revisi tersebut. Di antaranya soal pengawasan, pelaporan dab waktu pelaporan.

Baca Juga  Pansus Raperda Pelayanan Air Minum Terima Masukan Perbedaan Tarif

“Kita tegaskan lagi pengawasan, kemudian tegaskan lagi soal pelaporan, waktu pelaporan dan tahapan,” ungkapnya.

Sejauh ini, susah 413 desa mengusulkan Samisade untuk tahun 2022. Sementara itu, masih ada 19 desa yang belum menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj).

Renaldi mengultimatum mereka yang tidak menyerahkan LPj Samisade tidak akan mendapat bantuan keuangan tersebut.

“Nanti kita lihat berapa desa yg mengajukan dan memenuhi syarat, verifikasi. Insyaallah cair. Kita melihat dari LPj, ada 19 desa yang belum melaporkan LPjnya ke kita lewat verifikasi kecamatan,” terang Renaldi.

Renaldi menjelaskan, program Samisade untuk 2022 ini masih difokuskan untuk pembangunan infrastruktur. Pembangunan ini diharapkan bisa berdampak pada pemulihan ekonomi pasca-pandemi, khususnya di desa.

Baca Juga  Bekas Galian PDAM Bikin Truk Terperosok

“Sekali lagi Samisade kita lebih berusaha mencoba berorientasi pada pemulihan ekonomi di desa, swadaya, yang sifatnya teknis dan spesifikatis, yang melibatkan ahli yang memiliki spesifikasi. Tapi untuk pekerjaan kita berharap ada daya ungkit untuk peningkatan ekonomi di desa,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.