Dua Begal Bersenjata Berhasil Diciduk Usai Rampas 141 Motor di Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Dua orang begal berhasil dibekuk Sat Reskrim Polres Bogor yang kerap beroperasi di wilayah Cileungsi, Klapanunggal dan Cibubur. Sindikat ini tak segan-segan melukai korbannya dengan menggunakan senjata api.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin menjelaskan dari empat pelaku curanmor dengan senjata api di Bogor, dua orang berhasil ditangkap sementara dua orang lainnya masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Satreskrim Polres Bogor.

“Hasil pemeriksaan, kelompok tersebut sudah melakukan kejahatan di wilayah Cileungsi, Klapanunggal dan Cibubur,” kata AKBP Iman.

Dia mengungkapkan, dari dua pelaku yang berhasil ditangkap, satu pelaku berinisal A alias H (48) dihadirkan dalam gelar perkara di Mapolres Bogor. Sementara satu pelaku lain berinisial CA alias C (27) dalam perawatan di RS Polri Kramat Jati.

Baca Juga  Menko Airlangga: Perlu Perkuat Kerja Sama IMT-GT untuk Tanggulangi Dampak Pandemi

“Yang dirawat di RS Polri Kramat itu, dia mencoba melarikan diri saat akan ditangkap. Dia melompat dari lantai dua jadi dalam perawatan di rumah sakit,” kata Iman.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Cileungsi, AKP Enjo Sutarjo menjelaskan, setiap kali beraksi komplotan tersebut menakut-nakuti korbannya menggunakan senjaata api rakitan agar mau menyerahkan sepeda motor mereka.

Dari 141 kali beraksi, sepeda motor hasil kejahatan itu dijual ke wilayah Karawang, Jawa Barat. Meski kerap menggunakan senjata api, kepolisian tidak menerima laporan adannya korban dari aksi mereka.

“Dari pengakuan para pelaku, mereka sudah menjalankan aksi kejahatannya sejak 2011. Mereka menggunakan senjata api rakitan ditodongkan ke calon korban agar mau menyerahkan sepeda motornya. Memang rata-rata targetnya sepeda motor,” kata dia.

Baca Juga  Mulai Galakkan Operasi Anak Nongkrong

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan polisi yakni, sepucuk senjata api warna hitam buatan Amerika Serikat berikut enam butir peluru, kemduan lima buah kunci T dari baja, 12 buah anak kunci dan satu unit sepeda motor hasil curian.

Atas aksi curanmor dengan senjata api, pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP dengan ancama pidana 9 tahun penjara. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *