Gelar Sidang Keempat, Hakim Putuskan Lanjutkan Sidang Ade Yasin ke Tahap Pembuktian

by -
Suasana sidang keempat kasus dugaan suap Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin di PN Tipikor Bandung, Senin (1/8). (Ryan/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Persidangan dugaan kasus suap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Barat yang melibatkan Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin memasuki sidang keempat di Pengadilan Negeri Tipikor Bandung, Senin (1/8).

Sidang yang digelar di Ruang Sidang IV R Soebekti dengan agenda putusan sela dari majelis hakim atas terdakwa Ade Yasin.

Pada sidang yang mulai berjalan sekitar pukul 09:45 WIB itu, Ketua Majelis Hakim Hera Kartiningsih memutuskan bahwa persidangan atas terdakwa Ade Yasin (AY) tetap dilanjutkan.

Artinya, eksepsi dari kuasa hukum terkait dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak diterima oleh majelis hakim.

“Bahwa majelis hakim mempelajari dan menimbang eksepsi dari kuasa hukum, juga dari dakwaan, eksepsi tidak dapat diterima,” kata Ketua Majelis Hakim Hera Kartiningsih saat persidangan, Senin (1/8).

Baca Juga  Kapan Rancabungur Punya Pasar Rakyat?

Atas putusan tersebut, maka persidangan pemeriksaan terdakwa Ade Yasin akan dilanjutkan untuk pembuktian kasus, dengan pemeriksaan para saksi.

“Maka, pemeriksaan terdakwa AY (Ade Yasin) dilanjutkan, dengan pemeriksaan saksi saksi,” ujarnya.

Di akhir persidangan, majelis hakim memutuskan sidang selanjutnya dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi dari KPK. Rencananya sidang berikutnya akan kembali digelar di PN Tipikor Bandung, Rabu (3/8).

“Dilanjut hari Rabu, 3 Agustus 2022. Pemeriksaan akan saya gabung, terdakwa Ade Yasin dengan terdakwa Ihsan (Kasubid Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor, red),” imbuh Hera.

Diketahui, Bupati Bogor non aktif Ade Yasin didakwa oleh Jaksa KPK memberi uang suap Rp1,9 miliar untuk meraih predikat opini WTP.

Baca Juga  Bima Arya Ramal Status PPKM Wilayah Aglomerasi Jabodetabek Naik ke Level 3

Uang suap itu disebut diberikan kepada empat pegawai BPK yang juga telah menjadi tersangka pada perkara tersebut, termasuk beberapa pejabat Pemkab Bogor. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.