HUT ke-4, Bawaslu Bogor Ajak Masyarakat Jadi Pengawas Pemilu

by -

METROPOLITAN.id – Tepat 15 Agustus 2022 lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor menginjak usia ke-4 Tahun. Bawaslu mengajak masyarakat untuk aktif menjadi pengawas pemilu di ajang pesta demokrasi mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah mengatakan, berdasarkan Perbawaslu No. 3 Tahun 2018 dan SE Bawaslu No. 19 Tahun 2019 tentang Pengawasan Tahapan, Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Pemilihan Umum Tahun 2022, pihaknya saat ini sedang melakukan pengawasan pada tahap verifikasi, pendaftaran dan penetapan partai politik calon peserta pemilu di Sipol.

Menurut Irvan, kerja Bawaslu saat ini bukan saja mengawasi setiap tahapan yang dilaksanakan KPU. Bawaslu juga melakukan sosialisasi pendidikan politik sebagai upaya edukasi serta upaya pencegahan terhadap terjadinya potensi-potensi pelanggaran dan mal-administrasi.

“Sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu di antaranya dengan memberikan pendidikan politik secara online maupun offline kepada partai politik, OKP, ormas, hingga pemilih pemula. Bawaslu juga memiliki program sosialisasi yang diberi nama Kasepp (Kajian Sengketa Proses Pemilu dan Podium (Pojok Diskusi Hukum. Sosialisasi ini dilakukan sebelum tahapan pemilu dimulai untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan peserta pemilu 2019 tentang regulasi¬† dan aturan dalam penanganan pelanggaran dan sengketa proses pemilu,” ungkap Irvan, Kamis (18/8).

Baca Juga  Perawatan 35 Hari, Ketua DPRD Kota Bogor Nyatakan Sembuh dari Covid-19

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Naotalia Apapyo menjelaskan, Bawaslu Kabupaten Bogor juga telah melakukan kunjungan kerja kepada partai politik peserta pemilu yang terdaftar pada tahun 2019 awal Agustus lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dalam menghadapi tahapan verifikasi, pendaftaran dan penetapan calon peserta Pemilu 2024, terutama dalam input Sistem Informasi Politik (SIPOL).

“Yang menjadi catatan penting dalam kunjungan kerja tersebut adalah berkaitan dengan kesiapan syarat-syarat administrasi dan syarat lainnya serta keaggotaan partai agar memperhatikan kegandaan internal maupun kegandaan eksternal. Parpol juga diminta memperhatikan status larangan keanggotaan pemilu seperti ASN, TNI , Polri, serta memperhatikan segala alur dan aturan dalam PKPU No.4 Tahun 2022,” terang perempuan yang karib disapa Nao.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces

Pada HUT ke-4 Bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia ini, Bawaslu Kabupaten Bogor mengharapkan kritik dan saran yang membangun atas kinerja-kinerja Bawaslu, khususnya Bawaslu Kabupaten Bogor selama 4 tahun berdiri dalam melaksanakan tugasnya mengawasi dan mengawal tahapan pemilu.

“Besar harapan kami kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Bogor untuk berperan aktif menjadi pengawas partisipatif dalam mengawasi dan mengawal Pemilu 2024,” tandasnya. (fin)

#Humas Bawaslu Kabupaten Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *