Koperasi di Sektor Riil Dapat Kucuran Modal dari Pemerintah

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah melalui Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyiapkan permodalan koperasi di sek­tor riil.

Direktur Utama LPDB-KUM­KM Supomo mengatakan, pembiayaan akan diberikan kepada koperasi yang berge­rak di bidang usaha perta­nian, perkebunan, perikanan, dan juga hortikultura.

Target penyaluran dana ber­gulir dari pemerintah sebesar Rp1,8 triliun melalui LPDB-KUMKM, dimana 40% dari target tersebut akan disalur­kan kepada sektor riil.

”Dana bergulir ini merupa­kan instrumen yang disedia­kan pemerintah untuk kope­rasi, kami LPDB-KUMKM tentu terus bergerak membe­rikan fasilitas pembiayaan yang mudah, murah, dan ramah kepada koperasi di seluruh Indonesia,” ujar Su­pomo dalam keterangan ter­tulis, Kamis (18/8).

Ia menyebut LPDB-KUMKM melalui Direktorat Pembi­ayaan Syariah telah meny­alurkan dana bergulir sebesar Rp 37,65 miliar selama tiga tahun terakhir.

Baca Juga  Setelah Dibubarkan, 103 Koperasi Tidak Terdaftar Lagi

”Dana bergulir itu disalurkan kepada koperasi yang berge­rak di sektor pangan, seperti Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq Jawa Barat, Primkopti Indramayu, Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Syariah, Jawa Timur, dan Koperasi Sae Pu­jon, Malang,” tuturnya.

Selain itu, dari Direktorat Bisnis LPDB-KUMKM telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp123,751 miliar ke­pada 36 mitra koperasi yang bergerak di sektor pangan sejak 2019 hingga 2022.

Dukungan kepada sektor riil seiring dengan keberha­silan Indonesia yang meraih penghargaan dari Internatio­nal Rice Research Institute (IRRI) karena dinilai mampu mencapai swasembada beras selama tiga tahun berturut-turut.

Supomo menilai keberha­silan Indonesia mencapai swasembada beras tidak lepas dari sarana dan prasarana infrastruktur bidang perta­nian, termasuk akses pembi­ayaan atau permodalan ke­pada petani, akses pasar produk pertanian, dan juga mendorong korporatisasi pe­tani di Indonesia. (dtk/eka/ run)

Baca Juga  Grand Smesco Hills Jadi Pusat Pelatihan KUMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *