Kota Bogor Optimis Raih Adipura 2022

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengaku optimis dapat meraih penghargaan Adipura tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Keyakinan ini diungkapkan menyusul berbagai persiapan terus dimatangkan Pemkot Bogor, sebelum Tim KLHK melakukan pemantauan dan penilaian langsung ke wilayah Kota Bogor.

Diantaranya, sosialisasi penilaian Adipura ke OPD terkait, Kelurahan serta instansi yang ada korelasinya dengan penilaian Adipura seperti Perumda Pasar Pakuan, Stasiun Bogor, sekolah melalui Disdik, rumah sakit yang dikelola oleh Pemkot serta terminal.

“Insya Allah kita optimis (meraih Adipura). Bismillah dan kami terus memaksimalkan sarana dan prasarana penunjangnya,” kata Kabid Pengelolaan Persampahan di DLH Kota Bogor, Feby Darmawan kepada wartawan, Selasa (9/8).

Baca Juga  Ke Bogor, Jubir Obama Soroti Kasus Jual Beli Anak

Menurut Feby, dalam lomba Adipura ini, Kota Bogor masuk ke dalam klasifikasi sebagai kota metropolitan. Karena, jumlah penduduknya diatas satu juta jiwa.

Untuk itu, kategori yang akan dilakukan penilaian oleh Tim KLHK diantaranya, pengelolaan sampah di perumahan/pemukiman, jalan, pasar, pertokoan, sekolah, terminal, stasiun, Rumah Sakit, perairan terbuka, TPA, Bank Sampah, Bank Sampah Induk.

Lalu, fasilitas pengelolaan sampah dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), fasilitas pengelolaan sampah dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) pengelolaan RTH, hutan kota serta taman kota.

“4 klasifikasi yang menjadi persyaratan penilaian Adipura berdasarkan status Jakstrada, kapasitas pengelolaan sampah, operasional TPA serta luasan ruang terbuka hijau,” ujarnya.

Baca Juga  2022, Biaya Perbaikan Sekolah SD di Bogor Diporsi Paling Besar

Diketahui, dalam lomba Adipura yang terakhir dilaksanakan pada 2019 lalu, Kota Bogor hanya mendapatkan sertifikat pengurangan sampah, di bawah piala Adipura.

Sementara, pada tahun 2022 ini, Pemkot Bogor menargetkan dapat meraih Adipura dalam lomba tahunan tersebut. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *